Peringatan HAN 2020, Siti Muntamah: Anak Merupakan Anugerah Berharga

Orang tua harus menjaga anak dari tindak kejahatan

Bandung, IDN Times - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bandung meminta seluruh orang tua harus memberikan kebahagiaan dan kegembiaraan pada anak. Orang tua juga diminta menjaga anak agar terhindar dari tindak kekerasan.

Ketua TP PKK Kota Bandung, Siti Muntamah Oded mengatakan, peringatan Hari Anak Nasional pada 23 Juli merupakan momentum untuk mengingat betapa penting anak mendapatkan hak-haknya secara baik.

"Anak merupakan anugerah berharga yang akan menjadi pelaku sejarah di peradaban mendatang," ujar Umi Oded berdasarkan keterangan resmi yang diterima IDN Times, Kamis (23/7/2020).

1. Tumbuh kembang anak harus diperhatikan

Peringatan HAN 2020, Siti Muntamah: Anak Merupakan Anugerah Berharga

Umi Oded menuturkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang dewasa di sekeliling anak, terutama orang tua dan keluarga terdekatnya. Pertama, pastikan anak selalu hidup gembira dan bahagia.

"Kemudian, optimalkan tumbuh kembangnya. Mereka juga harus terlindungi dari kekerasan dan kejahatan, serta terjaga harkat dan martabatnya," ungkapnya.

2. Protokol kesehatan harus dijaga ketat

Peringatan HAN 2020, Siti Muntamah: Anak Merupakan Anugerah Berharga

Umi Oded menyebut, anak juga harus diberikan ruang untuk mengekspresikan gagasan dan keinginannya. Anak perlu memperoleh ruang berpartisipasi aktif dalam berkegiatan. Dalam kondisi pandemik seperti saat ini, anak harus terus dijaga.

"Di tengah pandemi ini, mari kita berikan perlindungan terbaik dengan protokol kesehatan yang ketat," katanya.

3. Anak harus bertumbuh kembang secara jasmani dan rohani

Peringatan HAN 2020, Siti Muntamah: Anak Merupakan Anugerah Berhargafreepik.com

Kemudian, Wakil Ketua I TP PKK Kota Bandung Yunimar Yana Mulyana. Menambahkan, pola asuh terbaik harus hadir dari keluarga, sehingga anak akan tumbuh menjadi manusia yang sehat lahir batin dan berbudi pekerti luhur.

"Anak harus berkembang secara sehat baik jasmani dan rohani, bermoral tinggi, dan berkarakter terpuji, sebab di masa depan ia adalah aset yang menentukan kualitas peradaban," katanya.

4. Ketahanan keluarga harus selalu tercipta

Peringatan HAN 2020, Siti Muntamah: Anak Merupakan Anugerah Berhargapexels.com/pixabay

Menurutnya, beberapa hal lain yang harus diperhatikan juga adalah ketahanan keluarga. Sebab, hal tersebut menjadi hal dasar untuk tumbuh kembang anak dimasa yang akan datang.

"Ketahanan keluarga adalah hal yang harus diperhatikan sebaik-baiknya agar anak-anak bisa menggapai cita-citanya," kata dia.

Baca Juga: Mas Menteri Nadiem, Ini Loh Catatan KPAI di Hari Anak Nasional 

Baca Juga: Hari Anak Nasional, Ribuan Anak Indonesia Alami Kekerasan

Baca Juga: Dapat Izin Operasi dari Pemkot Bandung, Apa yang Berubah dari Grab?

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya