Comscore Tracker

Perbaikan Rumah Korban Gempa Cianjur Dikerjakan Minggu Depan

Rumah tahan gempa akan dibangun sebagai contoh

Cianjur, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan perbaikan rumah korban terdampak gempa Kabupaten Cianjur mulai dikerjakan pekan depan. Perbaikan akan dimulai dengan membuat contoh rumah tahan gempa.

"Untuk rumah yang rusak, pekan depan kami akan bangun rumah contoh di tiap kecamatan yang tahan gempa agar bisa dilihat masyarakat dengan dana Rp50 juta itu," ujar Kepala BNPB Suharyanto di Pendopo Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022).

Ia mengatakan, masyarakat nantinya akan diberikan pilihan: membangun rumah sendiri atau melalui pihak ketiga. Namun, rumah harus sesuai dengan kaidah rekomendasi tahan gempa.

"Kalau mau melihat rumah contoh itu bisa dibangun oleh masyarakat, kalo dia bisa. Atau pihak ketiga yang biasa bangun rumah tahan gempa," katanya.

Sedangkan, untuk warga yang terdampak relokasi, Bupati Cianjur tengah mencari ketersediaan tanah dari referensi Kepala BMKG.

"Nanti relokasi itu dibangun PUPR dan dari BNPB. Kalau yang rusak ringan, sedang itu bisa diperbaiki oleh masyarakat sendiri. Bantuannya bisa di-rembusment," kata dia.

Baca Juga: Tim DVI Mabes Polri Terima 131 Kantung Jenazah Korban Gempa Cianjur

Baca Juga: Kondisi Membaik, Ajka Bocah Selamat Gempa Cianjur Butuh Trauma Healing

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya