Perangi DBD, Pemkot Bandung Sebar Tiga Kuintal Bubuk Abate

Bubuk Abate disebarkan di 151 kelurahan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyebar 300 kilogram Obat Pembunuh Jentuk Nyamuk (Abate) untuk menekan kasus demam berdarah dengue (DBD) di 151 kelurahan. Sebatas 15 ribu alat pengetesan DBD (RDT) juga akan disebarkan.

"Besok (Jumat 29 Maret 2024) kami akan lakukan pemberantasan sarang nyamuk di 151 kelurahan, termasuk kami sebar Abate untuk menekan penyebaran kasus," kata Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono di Pendopo Kota Bandung, Kamis (28/3/2024).

1. Layanan kesehatan harus ditingkatkan

Perangi DBD, Pemkot Bandung Sebar Tiga Kuintal Bubuk AbateNyamuk aedes aegypti (www.alodokter.com)

Meski Pemkot Bandung akan menyebarkan bubuk Abate dan alat pengetesan DBD, Bambang berharap seluruh stakeholder lainnya ikut membantu upaya penurunan kasus DBD di Kota Bandung.

"Kami lakukan barisan meningkatkan pelayanan publik dan kami lakukan upaya preventif dan kuratif untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi warga kota Bandung," tuturnya.

2. Camat dan lurah diminta lakukan edukasi pencegahan DBD

Perangi DBD, Pemkot Bandung Sebar Tiga Kuintal Bubuk AbatePembuatan pribadi

Selain itu, kata Bambang, Pemkot Bandung juga telah menyiapkan langkah-langkah preventif dan kuratif. Langkah preventif dilakukan jajaran kewilayahan bersama perangkat daerah untuk melakukan upaya-upaya pencegahan.

"Para camat, lurah, Forum RW RT kami libatkan. Mereka mengedukasi secara masif di kalangan masyarakat," katanya.

3. Pemkot Bandung siagakan 80 puskesmas di 30 kecamatan

Perangi DBD, Pemkot Bandung Sebar Tiga Kuintal Bubuk Abatepixabay

Kemudian, dia memastikan kesiapan 80 puskesmas yang tersebar di 30 kecamatan Kota Bandung dalam penanganan awal kasus DBD di masyarakat.

"Kami punya puskesmas yang terus penanganan kuratif. Ada 80 puskesmas tersebar di 30 kecamatan kami siap siagakan untuk melakukan upaya kuratif. Kami juga siapkan sarana dan prasarana untuk memberikan penanganan darurat apakah perlu dirujuk ke rumah sakit," kata dia.

Baca Juga: Napi Lapas Cipinang Kendalikan Jual Beli Puluhan Senpi di Bandung

Baca Juga: Napi Rutan Bandung Kepergok Selundupkan Sabu Usai Sidang

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya