Penyelundupan Ratusan Pil Pisikotopika Digagalkan Petugas Lapas Bancey

Barang ditemukan dalam dalam plastik hitam

Bandung, IDN Times - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat menggagalkan upaya penyelundupan pil mengandung pisikotopika di Lapas Kelas II A Banceuy, Kota Bandung, Kamis (27/8/2020).

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Abdul Aris mengatakan, kajadian tersebut terjadi pada pukul 08.00 WIB, dimana petugas Lapas Kelas IIA Banceuy mencurigai barang mencurigakan di sekitar Lapas.

1. Barang mencurigakan ditemukan di dekat pos jaga

Penyelundupan Ratusan Pil Pisikotopika Digagalkan Petugas Lapas BanceyIlustrasi Narkotika (IDN Times/Mardya Shakti)

Aris menuturkan, pada saat itu, petugas pos menara atas dua sedang melaksanakan tugas jaga di pos menara tersebut. Kemudian, petugas melihatbarang mencurigakan tersebut berada di sekitar Lapas.

"Benda mencurigakan tersebut di bungkus dengan plastik hitam yang tergeletak di area branggang antara pos menara atas dua dan tiga," ujar Aris saat dihubungi, Kamis (27/8/2020).

2. Ada ratusan pil ditemukan dalam barang tersebut

Penyelundupan Ratusan Pil Pisikotopika Digagalkan Petugas Lapas BanceyIlustrasi Badan Narkotika Nasional (IDN Times/Mardya Shakti)

Kemudian, petugas petugas Pos menara atas dua melaporkan kejadian pelemparan barang tersebut kepada Komandan Jaga. Dalam bungkus tersebut petugas juga menemukan ratusan pil mengandung pisikotopika.

" Di dalamnya ada 163 butir Riklona, 131 Butir Alprazolam, tiga buah alat hisap Vape, tiga bungkus serbuk, dua nuah liquid Vape dan satu buah kabel data," ungkap Aris.

3. Kalapas langsung lapor BNN Kota Bandung

Penyelundupan Ratusan Pil Pisikotopika Digagalkan Petugas Lapas BanceyIlustrasi Badan Narkotika Nasional (IDN Times/Mardya Shakti)

Dari temuan tersebut, petugas langsung mengamankan sejumlah barang bukti tersebut. Kemudian, petugas  juga langsung melaporkan temuan tersebut pada Kalapas untuk ditindaklanjuti.

"Kalapas langsung berkoordinasi dengan BNN Kota Bandung, serta mengamankan barangbukti untuk diproses lebih lanjut," ucapnya.

4. Minta diperkuat tingkat keamanan Lapas

Penyelundupan Ratusan Pil Pisikotopika Digagalkan Petugas Lapas Banceyokezone

Lebih lanjut, Aris menambahkan, dari kejadian tersebut, sejumlah lapas harus meningkatkan kembali keamanan, terutama di pintu utama dengan menggeledah seluruh pengunjung secara detail.

"Hal tersebut dilakukan agar dapat meminimalisir masuknya barang-barang terlarang ke dalam Lapas. Kemudian, meningkatkan pengawasan yang ketat di area dalam tembok keliling," kata dia.

Baca Juga: 148 Napi di Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta Peroleh Remisi

Baca Juga: Polda Jabar Musnahkan Puluhan Ribu Botol Miras dan Narkotika 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya