Penuh Manfaat, Mahasiswa Telkom Berdayakan Masyarakat Desa

Banyak kelompok tani setempat yang hadir dalam acara ini

Bandung, IDN Times - Program Studi Ilmu Komunikasi, Telkom University (Tel-U) menggelar kampanye bertajuk Tjiamik Berbagi Asa (Tjeria) di Desa Mekarmanik, Bandung, Senin (13/12/2021). Kegiatan ini digelar sebagai bentuk dukungan Tjiamik kepada warga dan petani millenial Desa Mekarmanik, terutama para perempuan.

Tjiamik sendiri merupakan bagian dari mahasiswa Marcomm Prodi Ilmu Komunikasi, Tel-U. Kepala Project Manager Tjiamik, Fulky Irham Prasetyo Eska mengatakan, program ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai kelompok.

"Kegiatan ini dihadiri oleh 33 peserta yang merupakan perwakilan dari Kelompok Tani Tricipta dan Kelompok PKK Desa Mekarmanik," ujar Fulky melalui keterangan resminya, Senin (13/12/2021).

1. Mahasiswa juga berikan bantuan pada warga desa

Penuh Manfaat, Mahasiswa Telkom Berdayakan Masyarakat DesaIstimewa

Di antara ke-33 peserta tersebut, terdapat salah satu pimpinan Kelompok Tani Tricipta, yaitu Ujang Margana, serta Kepala Desa Mekarmanik, yaitu Nanang Suryana.

"Kami juga melakukan penyerahan social investment bagi Desa Mekarmanik berupa enam gulung karpet masjid, 12 alat solat (terdiri dari mukena dan sarung), serta alat-alat kebersihan. Dana social investment ini diperoleh melalui donasi yang dibuka oleh anggota pengurus Tjiamik," kata dia.

2. Warga diklaim telah teredukasi dengan baik

Penuh Manfaat, Mahasiswa Telkom Berdayakan Masyarakat DesaIstimewa

Sedangkan, Eulis Eem, anggota Kelompok Tani Tricipta berterimakasih pada Tel-U telah menyelenggarakan kegiatan itu. Ia berharap dari kegiatan ini bisa bermanfaat untuk warga setempat terutama para perempuan.

"Tadi itu diberitahu tentang perawatan skincare dan dikasih cinderamata untuk perawatan wajah. Menurut ibu itu sangat berguna karena ibu kegiatannya sehari-hari ke kebun aktivitasnya, jadi itu sinar matahari kalau pakai itu rasanya jadi dingin dan kalau gak pake itu panas gitu," katanya.

Kemudian, anggota Kelompok Tricipta lainnya, Rosida juga berterima kasih pada Tjiamik. Menurutnya, banyak masyarakat yang terbantu mendapatkan informasi seputar perawatan mengenai kulit ketika hendak berangkat ke kebun.

"Mudah-mudahan itu ada manfaatnya. Terutama kan saya kan kulitnya
berminyak, mudah-mudahan ada khasiatnya," kata dia.

3. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Telkom University

Penuh Manfaat, Mahasiswa Telkom Berdayakan Masyarakat DesaIstimewa

Untuk diketahui, Tjiamik merupakan bagian dari Urban Village, sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi konsentrasi Marketing Communication Telkom University.

Pada tahun 2021 ini, Urban Village mengangkat tema Digital Village Ineffable (DIVINE) yang bertujuan untuk mem-branding desa-desa digital yang berada di Jawa Barat.

Sebenarnya, bentuk kegiatan dari Tjiamik ada dua. Pertama yaitu campaign yang berjudul Sesiung Bawang, Sejuta Manfaat, serta webinar yang berjudul BERUBAH: Bersama Unggulkan Bawang Merah yang akan digelar pada 17 Desember 2021.

Baca Juga: Pemkot Bandung Kawal dan Dampingi 12 Santriwati Korban Perkosaan Guru

Baca Juga: Pemkot Bandung Akan Sanksi Hotel Gelar Event di Malam Tahun Baru 2022 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya