Pengelolan Stadion GBLA oleh Persib Bandung Masih Menunggu

Pemkot Bandung belum bisa berikan GBLA begitu saja

Bandung, IDN Times - Pengelolaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dari Pemkot Bandung ke Persib masih macet. Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono memastikan ada beberapa poin kerja sama yang akan dilakukan pendalaman kembali.

"Bahwa ini ada proses yang cukup panjang ya sejak 2023 lalu. Memang saya dapat laporan dari teman-teman di Pemkot, ini sedang dilakukan pendalaman kembali yang nanti paling lambat di bulan Juli harus sudah tertanda-tangani. Ini masih dalam koridor di dalam MOU," ujar Bambang, Kamis (20/6/2024).

1. MoU masih menunggu hasil pedalaman poin kerja sama

Pengelolan Stadion GBLA oleh Persib Bandung Masih MenungguFlare menyala di Stadion GBLA Bandung. Dokumentasi Antara Foto

Menurutnya, nota kesepahaman nantinya akan dilakukan bersama dengan Persib Bandung setelah masa pendalaman rampung. Dia memastikan saat ini masih melakukan koordinasi bersama dengan jajarannya soal poin kerja sama ini.

"Saya pikir setelah semuanya on the track ya, saya pikir kenapa tidak (MoU) itu terjadi. Artinya dari kacamata saya dapat laporannya bahwa masing-masing pihak sedang dilakukan pendalaman kembali, pendetailan di dalan perjanjian kerja sama, kira-kira begitu," katanya.

2. Pemkot Bandung belum bisa kasih kepastian

Pengelolan Stadion GBLA oleh Persib Bandung Masih MenungguIDN Times/Debbie Sutrisno

Saat disinggung mengenai kemungkinan adanya hal-hal yang tidak disepakati dalam kerja sama antara Pemkot Bandung dan Persib, Bambang mengungkapkan dirinya tidak mengetahui persis.

"Saya gak tahu detailnya, saya kurang paham," katanya.

Bambang menuturkan, dalam kerja sama pengelolaan Stadion GBLA itu, baik Pemkot Bandung maupun Persib harus saling melengkapi poin-poin kerja sama, termasuk soal hak dan kewajiban.

"Yang pasti bahwa kalau kerja sama ini saling melengkapi, aturan hukumnya mesti clear termasuk juga dengan berbagai macam hal penghitungan hak dan kewajiban. Inilah yang tentunya akan dijadikan sebagai variabel dalam perjanjian kerja sama itu," tuturnya.

3. Dispora Kota Bandung masih dalami poin kerja sama

Pengelolan Stadion GBLA oleh Persib Bandung Masih MenungguPerwakilan FIFA mengecek kesiapan Stadion GBLA yang bakal dijadikan tempat latihan untuk tim yang bertanding dalam Piala Dunia U20, Maret 2023. IDN Times/Debbie Sutrisno

Ditanya soal peluang Persib untuk mengelola Stadion GBLA, Bambang enggan berkomentar. Menurutnya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung yang lebih paham persoalan yang terjadi.

"(Peluangnya) Wah saya gak hafal, nanti tanyakan ke Kadispora ya," tutup Bambang.

Sebelumnya Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Glenn Sugita mengungkapkan, Persib akan mengelola Stadion GBLA selama 30 tahun. Dia memastikan penandatanganan kerja sama dengan Pemkot Bandung akan dilakukan.

"Dalam satu dua minggu ini kami akan segera menandatangani kesepakatan dengan Pemkot (Bandung) untuk mengelola GBLA selama 30 tahun," ucap Glenn saat perayaan juara Persib Bandung di Depan Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (1/6/2024) lalu.

Baca Juga: Pembunuh Vina, Pegi Setiawan Resmi Ditangani Kejati Jabar

Baca Juga: Bey Minta Peserta Alamat Palsu di PPDB Jabar Didiiskualifikasi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya