Pengamat Menilai PPDB 2021 Jabar Lebih Baik Dibanding Tahun Kemarin

Setiap pelaksanan PPDB pasti memiliki catatan kekurangan

Bandung, IDN Times - Pelaksanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 di Provinsi Jawa Barat (Jabar) dinilai lebih baik di bandingkan awal masa pandemik COVID-19 pada tahun kemarin.

Penilaian ini datang dari, Asep B Kurnia, Ketua Lembaga Bantuan Pemantau Pendidikan (LBP2) Jabar. Ia mengatakan, proses PPDB selalu memiliki catatan pada setiap tahunnya. Untuk 2021 ini, khusus di Jawa Barat terlihat semakin membaik.

"Secara umum saya melihat bahwa PPDB untuk SLB, SMA, SMK saat ini di 2021 khususnya provinsi Jawa barat saya rasa berjalan cukup baik," ujar Asep, saat dihubungi, Rabu (14/7/2021).

1. LBP2 menilai sistem daring pada tahun sebelumnya sangat kacau

Pengamat Menilai PPDB 2021 Jabar Lebih Baik Dibanding Tahun KemarinIlustrasi belajar daring di tengah pandemik COVID-19 yang kian masif di Indonesia (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Berdasarkan pemantauan di lapangan, Asep bilang, sistem daring untuk Calon Peserta Didik Baru (CPBD) PPDB 2021 lebih mudah diakses. Adapun pada tahun sebelumnya, hal ini menjadi sorotan oleh LBP2.

"Saya menggaris bawahi terutama di tahun kemarin, untuk daerah Bodebek, itu terjadi sangat kacau tapi sekarang sudah ada perbaikan," katanya.

2. Sistem daring dinilai sudah cukup baik

Pengamat Menilai PPDB 2021 Jabar Lebih Baik Dibanding Tahun KemarinIlustrasi PPDB (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Teknologi daring sendiri sudah digunakan dua kali untuk melakukan PPDB, Asep tak menampik bahwa akan tetap ada kekurangan-kekurangan dari sistem. Hanya saja, jika dinilai secara menyeluruh PPDB 2021 di Jabar sudah cukup baik.

"Sekarang semua sudah terakomodir oleh sistem dengan sangat rapih, jadi anak anak bisa mendaftarkan dengan web juga. Daerah lain kita lihat banyak down," ujarnya.

3. Laporan down server belum ditemukan sampai saat ini

Pengamat Menilai PPDB 2021 Jabar Lebih Baik Dibanding Tahun Kemarin(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Soal server down, Asep mengatakan, peristiwa ini sempat terjadi pada 2020, banyak wali murid mengeluhkan karena laman PPDB tidak dapat diakses, persoalan ini kemudian menjadi catatan LBP2 dan kini belum ada laporan keluhan itu.

"Artinya makin lama makin baik dan itu perlu ditingkatkan kembali ke depannya," kata dia.

4. Disdik Jabar pastikan server PPDB 2021 sudah lebih maksimal

Pengamat Menilai PPDB 2021 Jabar Lebih Baik Dibanding Tahun KemarinKepala Disdik Jabar Dedi Supendi. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Kadisdik Jabar) Dedi Supandi mengatakan, sistem PPDB 2021 lebih baik karena adanya peningkatan teknologi pada laman pendaftaran. Sehingga, risiko server down sudah diminimalisir.

"Insyallah kita menjamin tidak akan down saat akan pendaftaran PPDB 2021. Kita sudah menaikkan teknologi PPDB pola Cloud Computing (Komputasi Awan)," ujarsiang Dedi kepada wartawan saat meninjau PPDB di SMAN1 Depok, Jalan Raya Nusantara, Pancoran Mas, Kota Depok, Jumat (11/6/2021) siang.

Persoalan yang banyak terjadi di lapangan justru bukan pada server PPDB, Dedi bilang, soal perataan ases jaringan yang belum menyeluruh di wilayah Jabar.

"Setelah kita turun langsung dan konfirmasi ternyata kendala jaringan ada pada peserta yang mendaftar, tidak dengan server PPDB," katanya.

 

Baca Juga: Pemprov Jabar Janji Hukum ASN yang Jadi Calo untuk PPDB 2021

Baca Juga: Sekolah Swasta di Jabar Bakal Diikutsertakan Dalam PPDB 2021

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya