Pemudik Kota Bandung Didominasi Tujuan Solo dan Yogyakarta

Mereka banyak pakai program mudik gratis dari Pemprov Jabar

Bandung, IDN Times - Pemudik di Kota Bandung didominasi tujuan Kota Solo dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka memanfaatkan mudik gratis dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pulang ke kampung halamannya agar bisa merayakan Lebaran 2024.

Seorang pemudik yang ditemui IDN Times di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Sabtu (6/4/2024), Sutarno (49 tahun), merasa senang bisa berangkat mudik bersama keluarga dengan gratis dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Program ini sangat membantu. Kalau tiket biasa harganya Rp365 ribu untuk satu orang, kalau tiga bisa satu juta lebih," katanya.

1. Pemprov Jabar siapkan puluhan bus

Pemudik Kota Bandung Didominasi Tujuan Solo dan Yogyakarta(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara, Sekda Jawa Barat, Herman Suryatman mengatakan, kuota mudik gratis di Terminal Cicaheum totalnya ada 2.034 pemudik sebanyak 1.550 difasilitasi oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat, sementara sisanya ada dari berbagai pihak.

"Untuk busnya dari Pemerintah Provinsi kami siapkan 36 bus. Dari Kota Bandung lima bus dan Jasara Harja lima bus, semuanya 46 bus yang akan diberangkatkan dari Terminal Cicahum," katanya.

2. Keselamatan penumpang jadi perhatian

Pemudik Kota Bandung Didominasi Tujuan Solo dan Yogyakarta(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Herman memastikan, tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak hanya melepas para pemudik, tapi juga terkait keselamatan pemudik dengan memastikan keamanan bus yang telah disiapkan.

"Kami melakukan cek-ricek terhadap semua sopir yang akan menghantarkan. Sebanyak 46 sopir sekaligus sopir cadangannya kami cek, dan kami pastikan mereka semuanya bebas narkoba. Bebas dari minuman beralkohol, jadi aman," kata dia.

3. Yogyakarta dan Solo jadi tujuan mudik paling banyak

Pemudik Kota Bandung Didominasi Tujuan Solo dan Yogyakarta(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara itu Kabid Pengembangan Transportasi, Dishub Jawa Barat, Dhani Gumelar mengatakan, mudik gratis ini digelar di empat terminal: Jati Jajar Depok, Cileungsi Bogor, Leuwipanjang Bandung, dan Cicaheum Bandung. Selain itu ada satu keberangkatan lagi dari Giwangan Yogyakarta dengan tujuan Kota Bandung.

"Kami sediakan puluhan bus dari berbagai PO, yang membedakan dengan lain, kita membeli tiket reguler, ini kan bus reguler kami beli dan kami bagikan. Tujuan mudik paling banyak Jogja dan Solo," katanya.

Dani yang juga panitia dari gelaran mudik gratis ini mengungkapkan, pemberian tiket sudah dilakukan sejak tiga pekan lalu melalui akun Instagsam Dishub Jawa Barat. Animo pemudik pun sangat tinggi selama mengikuti program tersebut.

"Ini masih ada sisa tiket mudik lokal, Sukabumi dan Tasikmalaya yang baru 50 persen, silakan dibuka sampai besok. Tersisa 150 tiket lagi," kata dia.

Baca Juga: H-4 Lebaran: Jumlah Kendaraan di Jalur Selatan Jabar Mulai Meningkat

Baca Juga: Ingat! ASN Pemprov Jabar Dilarang Pakai Mobil Dinas untuk Mudik

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya