Pemprov Jabar Usulkan 17 Sektor Ekonomi Kreatif Dibahas di G20

Ekonomi kreatif merupakan sektor yang tahanan banting

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mengusulkan 17 sektor ekonomi kreatif untuk dibahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali. Usulan ini muncul dalam kegiatan CONNECTI:CITY 2022 yang merupakan rangkaian dari kegiatan U20.

Setiawan Wangsaatmaja, Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar mengatakan, sebagai tuan rumah U20, Pemprov Jabar bersama DKI Jakarta telah melakukan beberapa diskusi dan usulan untuk dibahas dalam G20. Adapun saat ini yang akan diusulkan ialah soal ekonomi kreatif.

"Hari ini bentuknya rekomendasi di bawa ke G20. Ada 17 subsektor ekonomi kreatif, digitalisasi, desain, kriya, fesyen, kuliner, film dan lain-lain," ujar Setiawan, Selasa (15/3/2022).

1. Ekonomi kreatif daapt bertahan di masa pandemik COVID-19

Pemprov Jabar Usulkan 17 Sektor Ekonomi Kreatif Dibahas di G20ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Adapun tema U20 saat ini adalah konektivitas. Menurutnya, tema itu sangat cocok untuk kreasi ekonomi kreatif Jabar. Sebab, ekonomi kreatif dalam masa pandemik COVID-19 bisa bertahan dan dapat menggerakkan perekonomian.

"Ini sangat relevan untuk diangkat di ajang U20, karena kalau kita melihat dari data yang saya sampaikan, bahwa salah satu yang bertahan di masa pandemik COVID-19 ialah ekonomi kreatif," ucapnya.

2. Usulan akan disampaikan oleh gubernur

Pemprov Jabar Usulkan 17 Sektor Ekonomi Kreatif Dibahas di G20Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja dalam konferensi pers penghapusan tenaga honorer dan perekrutan ASN (IDN Times/Helmi Shemi)

Pemprov Jabar dalam U20 banyak berkolaborasi dengan DKI Jakarta. Beberapa diskusi telah dilakukan untuk memberikan usulan pembahasan pada negara G20 yang akan digelar di Bali dalam waktu dekat ini.

"Hasil dari dua hari ini sifatnya rekomendasi yang akan masuk ke U20 dan tentu akan nantinya akan disampaikan Gubernur di G20. Ekonomi kreatif diharapkan akan menjadi salah satu penonton di salah satu perkotaan untuk tetap bertahan," katanya.

3. Usulan diharapkan menjadi atensi dunia

Pemprov Jabar Usulkan 17 Sektor Ekonomi Kreatif Dibahas di G20UMKM di Banten (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Setiawan menambahkan, dari beberapa diskusi yang sudah terjalin dan beberapa rekomendasi yang sudah diusulkan, diharapkan negara G20 bisa turut memberikan masukan dan inovasi khususnya untuk industri ekonomi kreatif saat ini.

"Harapan rekomendasi yang telah kita diskusikan dapat didengar dan menjadi atensi dunia. Bahwa Ekonomi kreatif salah satu andalan untuk tetap survive dari sistem perekonomian di sebuah kota," kata dia.

Baca Juga: G20 EMPOWER: Ajang Presidensi Indonesia Berdayakan Perempuan

Baca Juga: G20 Empower Dorong Kepemimpinan Perempuan di Sektor Swasta

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya