Pemprov Jabar Lakukan Perbaikan 71 Ruas Jalan di 27 Kabupaten/Kota

Selain jalan ada juga perbaikan jembatan di beberapa daerah

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) bakal melakukan perbaikan 71 ruas jalan di 27 kabupaten dan kota. Perbaikan ini meliputi tiga klasifikasi yaitu pemeliharaan berkala, rekonstruksi, dan peningkatan jalan.

Kepala Dinas Bina Marga Perumahan Rakyat (DBMPR) Jabar, Bambang Tirtoyuliono alias Abenk mengatakan, 71 ruas jalan ini kemudian dibagi dalam 69 paket pengerjaan dan sebagian besar masuk dalam klasifikasi pemeliharaan berkala.

"Kebanyakan dari total panjang ruas jalan 353,822 kilometer yang diperbaiki itu, klasifikasinya adalah pemeliharaan berkala y, seperti penambalan lubang dan pelapisan kembali," ujar Bambang Tirtoyuliono di Bandung, Rabu (8/3/2023).

1. Beberapa jalan menerima perbaikan berkala

Pemprov Jabar Lakukan Perbaikan 71 Ruas Jalan di 27 Kabupaten/KotaIlustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Bambang menjelaskan, dari 69 paket pekerjaan penanganan jalan, 63 di antaranya adalah pemeliharaan berkala yang tendernya melalui e-katalog tanggal 19 Februari lalu sudah tayang.

"Sudah tayang 63 paket dengan total panjang 337,342 kilometer. Pengerjaan akan dilaksanakan bulan Maret dan ditargetkan selesai paling lambat bulan Juli 2023," ungkapnya.

2. Perbaikan hampir ada di 27 kabupaten dan kota di Jabar

Pemprov Jabar Lakukan Perbaikan 71 Ruas Jalan di 27 Kabupaten/KotaIlustrasi jembatan. ANTARA FOTO/Jojon

Adapun ruas jalan yang diperbaiki hampir ada di setiap kabupaten/kota yang menjadi kewenangan Provinsi Jabar atau jalan provinsu. Terkait jalan yang berada di luar ruas jalan provinsi, itu merupakan tanggung jawab pemerintah daerah kota/kabupaten masing-masing.

"Hampir menyeluruh ya, ada di setiap kabupaten/kota, seperti Bogor, Sukabumi, Cianjur, Karawang, Garut, Pangandaran dan lainnya" ucapnya.

3. Jembatan juga akan diperbaiki

Pemprov Jabar Lakukan Perbaikan 71 Ruas Jalan di 27 Kabupaten/KotaIlustrasi pembangunan proyek infrastruktur. (ANTARA FOTO/Jojon)

Selain pengerjaan jalan, ada tiga jembatan yang diperbaiki, dua diganti, dan satu dibangun. Menurut Bambang, tiga jembatan itu terletak di Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut, dan Pangandaran.

"Pertama jembatan Cihoe di ruas Jalan Cileungsi-Cibeet Kabupaten Bogor. Kedua jembatan Citalegong ruas jalan Talegong - Rancabuaya Kabupaten Garut klasifikasinya pergantian jembatan, dan yang ketiga jembatan Sodongkopo di Kabupaten Pangandaran, klasifikasinya pembangunan jembatan," kata dia. 

Baca Juga: DBMPR Jabar Dapat Anggaran Rp1 T untuk Penataan Infrastruktur di 2023 

Baca Juga: Pemprov Jabar Utamakan Pengadaan Kendaraan Dinas  Bertenaga Listrik

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya