Pemprov Jabar Berhentikan Darurat Sampah Bandung Raya!

Bey Machmudin pastikan api TPA Sarimukti sudah padam

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat resmi memberhentikan status darurat sampah di Bandung Raya. Pemberhentian dilakukan berdasarkan kondisi kebakaran di TPA sampah Sarimukti sudah berakhir.

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengatakan, setelah dicabutnya status ini, kepala daerah di Bandung Raya bisa menentukan bagaimana penanganan sampah yang harus dilakukan. Sebab TPA Sarimukti akan berlakukan pembatasan.

"Kebakaran TPA Sarimukti sudah padam dan juga sudah ada penataan lahan lagi. Jadi provinsi tidak memperpanjang darurat sampah. Kami menyerahkan kepada kabupaten/kota di Bandung sendiri. Sarimukti tidak bisa full (terima sampah) lagi, harus 50 persen," ujar Bey di Gedung Sate, Rabu (25/10/2023).

1. Bandung Raya bisa tetapkan status darurat secara mandiri

Pemprov Jabar Berhentikan Darurat Sampah Bandung Raya!Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bey menjelaskan, status darurat sampah bisa diterapkan di. masing-masing daerah di Bandung Raya. Hanya saja, penerapan status ini harus jelas dan memberikan solusi, tidak hanya sebatas imbauan saja pada masyarakat.

"Kalau wilayah Bandung Raya memang perlu darurat sampah, ya itu dipersilahkan, tapi dengan pertanggung-jawabannya yang jelas. Jadi jangan sampai hanya darurat tapi tidak ada langkah solusi, jangan darurat sampah sepanjang masa juga," ungkapnya.

2. Pemprov Jabar bakal lakukan evaluasi pengelolaan sampah Bandung Raya

Pemprov Jabar Berhentikan Darurat Sampah Bandung Raya!Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin (Bangkit Rizki/IDN Times)

Pemprov Jawa Barat juga nantinya siap membantu me-monitoring jika ada daerah di Bandung Raya menetapkan masa darurat sampah. Menurut Bey, paling penting adalah solusi pengurangan sampah, tidak hanya status.

"Kami akan evaluasi nanti, akan koordinasi dengan kota-kota yang ada di sekitar kami. Mencari bagaimana solusinya," katanya.

3. Tumpukan sampah masih banyak di Bandung Raya

Pemprov Jabar Berhentikan Darurat Sampah Bandung Raya!Ilustrasi sampah plastik (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Bey menambahkan, ia masih banyak melihat tumpukan sampah di daerah Bandung Raya terutama di TPS masing-masing kecamatan. Dia menegaskan, persoalan ini harus selesai dari hulu bukan hanya dari hilir.

"Kita bisa lihat sendiri kok (tumpukan sampah), memang itu kenyataan, mau bagaimana? Kan dari awal sudah saya sampaikan mungkin gak dari hulu perbaikannya," kata dia.

Untuk diketahui, Status Darurat Sampah Bandung Raya diterapkan sudah dua kali. Keputusan ini dikeluarkan langsung agar penanganan sampah dalam kebakaran di TPA Sarimukti agar tidak semakin meluas.

Baca Juga: BEM di Bandung Bakal Gelar Demo Lagi, Bey Machmudin: Tidak Masalah

Baca Juga: Maman Imanulhaq Semprot Bey Machmudin: Jangan Sok Jagoan!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya