Pemkot Bandung Titipkan Dana RMP Rp33,7 Miliar ke Disdik Jabar

Dana ini untuk siswa RMP SMA yang ada di Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Pemkot Bandung tengah siapkan anggaran Rp33,7 miliar untuk dibagikan pada siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) SMA/SMK negeri dan swasta di Kota Bandung. Anggaran tersebut pun sudah disetujui oleh DPRD Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, berdasarkan pertemuan dengan Anggota Komisi 5 DPRD Jawa Barat (Jabar), Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dedi Supandi, beserta Ketua DPRD Kota Bandung, Teddy Setiadi, pada Senin 3 Agustus lalu, anggaran tersebut sudah disetujui.

"Bantuan untuk siswa RMP SMA sudah bisa dilaksanakan. Kita sudah bertemu dengan Kadisdik jabar dan sudah tidak ada masalah," kata Oded berdasarkan rilis yang diterima IDN Times, Selasa (4/8/2020).

1. Uang akan dititipkan di Disdik Provinsi

Pemkot Bandung Titipkan Dana RMP Rp33,7 Miliar ke Disdik Jabarpexels.com/Pixabay

Oded menuturkan, dengan angka miliaran rupiah tersebut, Pemkot Bandung akan memberikan bantuan sebesar Rp2 juta per tahun kepada 4588 siswa SMA dan 1.2287 siswa SMK. Adapun untuk teknis, Oded mengaku akan di koordinasikan terlebih dahulu.

"Nanti polanya anggarannya dititipkan di provinsi, karena SMA dan SMK itu kewenangan di provinsi. Tetapi karena itu kan warga Mang Oded, nanti kita yang menyuplai bantuannya," jelas Oded.

2. Penyaluran berdasarkan data siswa RMP tahun lalu

Pemkot Bandung Titipkan Dana RMP Rp33,7 Miliar ke Disdik JabarIlustrasi dompet dan keuangan (IDN Times/Dwi Agustiar)

Di tempat yang berbeda, Kepala Seksi Kelembagaan dan Peserta Didik Bidang Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Dasar, Disdik Kota Bandung, Risman Al Isnaeni mengatakan, jumlah siswa RMP di Kota Bandung untuk SD swasta 7.556 Siswa, SMP (10.959 siswa) SMA dan SMK (sekitar 16.000 siswa), dan Perguruan tinggi (3.581 mahasiswa).

"Untuk membantunya, Pemkot Bandung menyiapkan anggaran sebesar Rp112 miliar. bantuan diperuntukan bagi siswa-siswa berdasarkan data ini adalah siswa RMP di tahun 2019 yang lalu," tuturnya.

3. Berharap dapat tambahan anggaran besar

Pemkot Bandung Titipkan Dana RMP Rp33,7 Miliar ke Disdik JabarIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Pada tahun 2021, ia memprediksi siswa RMP akan bertambah seiring pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. "Alhamdulillah di Juni kemarin sudah tersalurkan sebanyak 50 persen kepada siswa RMP," jelasnya.

Kemudian, ia juga berharap dalam beberapa waktu kedepan tersedia ada anggaran yang lebih besar lagi untuk mengakomodir siswa RMP.

"Salah satu syarat RMP ini harus terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Kewilayahan perlu menyensus kembali agar warga terkomodir data DTKS dan akan memperoleh bantuan RMP," kata dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya