Comscore Tracker

Pemkot Bandung Rampungkan Persiapan Vaksinasi Tahap I

Sudah sediakan 180 tempat untuk suntik vaksin

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung terus merampungkan persiapan proses penyuntikan vaksin COVID-19 Sinovac. Sedikitnya ada 180 tempat penyuntikan yang sudah dipersiapkan untuk penyuntikan vaksin Sinovac tahap I khusus Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan. 

"Dari 180 itu ada 36 rumah sakit, 80 puskesmas dan selebihnya ada klinik kesehatan. Informasinya pemerintah pusat akan mulai vaksinisasi 14 Januari," ujar Sekretaris Daerah (sekda) Kota Bandung Ema Sumarna di Balai Kota Bandung, Kamis (7/1/2021).

1. Penyuntikan akan dilakukan kepada SDM yang bekerja di lingkungan kesehatan

Pemkot Bandung Rampungkan Persiapan Vaksinasi Tahap IIDN Times/Humas Bandung

Ia menjelaskan, penerima vaksin Sinovac untuk Pemkot Bandung kemungkinan akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. Namun, vaksinasi itu tidak hanya khusus untuk perawat dan dokter, tetapi seluruh SDM yang bekerja di ruang lingkup kesehatan seperti office boy dan tenaga keamanan kemungkinan juga akan mendapatkan vaksin dari Tiongkok ini.

"Kami in line dengan kebijakan pusat, nakes akan didahulukan. Satpam yang ada di puskesmas, itu pun menjadi bagian target, kalau dokter dan perawat sudah pasti," ungkapnya.

2. Alat penyimpanan vaksin juga sudah disediakan Pemkot Bandung

Pemkot Bandung Rampungkan Persiapan Vaksinasi Tahap IVaksin COVID-19 Sinovac, Minggu (19/7) tiba di Soetta dan langsung dibawa ke Bandung untuk segera mulai Uji Klinis oleh Biofarma dan FK Unpad (Dok. IDN Times/Istimewa)

Ema mengatakan bahwa saat ini vaksin belum diterima Pemkot Bandung. Namun, Ia memastikan, Dinkes Kota Bandung sudah menyiapkan fasilitas pendukung agar vaksin tetap aman dan berdasarkan aturan medis.

"Tetapi kami sudah menyiapkan storage itu, pokoknya kalau ini dikirim kami sudah siap, termasuk juga pelatihan tenaga vaksinator, itu kami pun sudah ada, lalu tempat, tempat yang nanti yang dipakai untuk vaksinisasi," tuturnya.

3. Ema Sumarna berharap vaksin bisa dilakukan di setiap kecamatan

Pemkot Bandung Rampungkan Persiapan Vaksinasi Tahap IIDN Times/Humas Bandung

Sebelumnya, Ema juga menuturkan, secara teknis pihak dinas kesehatan yang telah memiliki strategi untuk melakukan vaksinasi tahap pertama nanti. Ia berharap, vaksinasi bisa dilakukan dengan sistem zonasi. Misal warga Ciumbuleuit bisa memilih di kilinik terdekat di sana.

"Zonasi misal warga Ciumbuleuit atau saya kerja di sini (Balai Kota) berarti saya bisa di RS atau di klinik di kawasan ini. Tetapi katanya kita bisa memilih, jadi Rumah Sakit sudah tahu list atau daftar yang akan divaksinasi di sana," jelasnya.

4. Pemprov Jabar klaim sudah lakukan distribusi vaksin

Pemkot Bandung Rampungkan Persiapan Vaksinasi Tahap IIlustrasi vaksin COVID-19 buatan Sinovac (Dokumentasi Sinovac)

PT Bio Farma sudah mulai mendistribusikan vaksin COVID-19 Sinovac dalam bentuk produk jadi yang tiba di Indonesia pada 7 Desember 2020. Pendistribusian dilakukan dalam dua hari, yakni pada 3-4 Januari 2021 lalu.

Ketua Harian Satgas COVID-19 Jawa Barat Daud Ahmad mengatakan, vaksin tahap pertama tersebut rencananya akan diterima Dinas Kesehatan Jawa Barat pada Selasa (5/1/2021).

"Vaksin tahap pertama kurang lebih 38 ribu dosis untuk tenaga kesehatan, pengiriman rencananya tanggal 5 Januari," katanya.

Baca Juga: Siap Terima Vaksinasi COVID-19, Dinkes Kota Bandung Lakukan Simulasi 

Baca Juga: Pemkot Bandung Mulai Mendata Warga untuk Vaksinisasi COVID-19

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya