Pemkot Bandung Klaim Selama PSBB Proporsional Kasus COVID-19 Menurun

Angka kasus positif, PDP dan ODP menurun

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung mengklaim angka kasus virus corona (COVID-19) menurun sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional pada 13 Juni hingga 22 Juni 2020. Penurunan juga diklaim tidak hanya terjadi pada kasus positif, melainkan angka ODP dan PDP mengalami hal yang sama.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, sejak PSBB proporsional 13 Juni hingga 22 Juni 2020 penurunan ODP dari 265 orang, kini tinggal 253 orang, kemudian PDP dari 158 orang turun menjadi 150 orang.

"Kasus positif saat ini berada diangka 138 orang, perhari kemarin, 22 Juni 2020 ada di angka 103 orang, artinya ada 35 pengurangan dari positif aktif, begitupun yang ODP dan PDP menunjukan angkanya," ujar Ema pada awak media di Balai Kota Bandung, Selasa (22/6). 

1. Selama pelonggaran tidak ditemukan kasus positif COVID-19

Pemkot Bandung Klaim Selama PSBB Proporsional Kasus COVID-19 MenurunIDN Times/Debbie Sutrisno

Ema menuturkan, selama PSBB Proporsional Pemkot Bandung juga melonggarkan beberapa sektor, dari seluruh sektor tersebut tidak ditemukan kasus positif COVID-19.

"Saat PSBB Proporsional, mal dan kegiatan yang lain sudah kita buka, sampai saat ini tidak ada dampak dari dibukanya mal dan kegiatan lainnya," ungkapnya.

2. Pengawasan minta lebih diperketat

Pemkot Bandung Klaim Selama PSBB Proporsional Kasus COVID-19 MenurunIDN Times/Debbie Sutrisno

Ema menambahkan, meskipun tidak ditemukan beberapa kasus dari kelonggaran seperti mal, industri dan beberapa sektor lainnya, Ia menilai, pengawasan harus tetap diterapkan secara maksimal dan tidak ada kasus positif di sektor tersebut.

"Kita mengklaim angkanya sudah terkendali dan menunjukan sejalan dengan label yang tadi, konsekuensinya pengawasan dan pengendalian harus lebih dimaksimalkan," tuturnya.

3. Masyarakat ada yang belum tertib jaga jarak

Pemkot Bandung Klaim Selama PSBB Proporsional Kasus COVID-19 MenurunSejumlah toko pakaian di Bandung mulai buka. IDN Times/Debbie Sutrisno

Lebih lanjut, Ema mengatakan, kedepan baik itu masih PSBB Proporsional dan beberapa langkah lainnya, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan aparat kewilayahan harus lebih tegas menegakkan aturan Perwal PSBB Proporsional.

"Pengawasan kita minta ditambah, kemarin belum kita relaksasi, tapi faktanya sudah ada masyarakat yang berkumpul dan tidak menjaga jarak," kata dia.

4. Angka kasus positif COVID-19 di Kota Bandung pada beberapa bulan sebelumnya masih ratusan

Pemkot Bandung Klaim Selama PSBB Proporsional Kasus COVID-19 MenurunIDN Times/Humas Bandung

Sebagaimana diketahui, melansir laman covid19.bandung.go.id, Jumat (17/4) pukul 11:23 WIB. Ada 102 kasus positif di Kota Bandung, 67 orang sedang dalam perawatan, 10 orang dinyatakan sembuh dan 25 orang dinyatakan meninggal dunia.

Selain itu, data ODP di Kota Bandung ada 2716 kasus, sebanyak 533 orang dipantau dan 2183 orang selesai di pantau. Kemudian, PDP ada 358 kasus, sebabyak 199 orang masih dirawat dan 159 orang diizinkan untuk pulang ke rumah.

Baca Juga: Sempat Berhenti Selama PSBB Bandung, Bandros Kini Beroperasi Kembali

Baca Juga: Pemkot Belum Izinkan Bandung Zoo dan Kolam Renang Buka untuk Umum 

Baca Juga: Bandel! Pemkot Bandung Segel Cafe Gedogan Kopi dan Warung Aceh Kemang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya