Comscore Tracker

Pemkot Bandung Juara 1 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020

Wali Kota minta ASN tetap bekerja kerja dan tidak cepat puas

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengaku bangga dan mengapresiasi atas seluruh kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah menjuarai Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional 2020.

Dalam kompetisi itu, Pemkot Bandung menjadi juara pertama kategori Outstanding Achievment atas inovasi program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

1. Inovasi harus tetap dilanjutkan dan jangan berhenti

Pemkot Bandung Juara 1 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020IDN Times/Humas Bandung

Pria yang karib dengan panggilan Oded ini mengatakan, meskipun sudah mendapatkan penghargaan tersebut, ASN Kota Bandung tidak mudah puas dan tetap bekerja agar mendapatkan penghargaan-penghargaan lainnya.

"Saya berharap bisa memotivasi para ASN Kota Bandung terus berinovasi, berkolaborasi dan terus memberikan hal terbaik untuk layanan publik di kota Bandung," ujar Oded dalam keterangan resminya yang dikutip, Kamis (26/11/2020).

2. Wali Kota Bandung banyak mengucapkan syukur atas hal ini

Pemkot Bandung Juara 1 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020IDN Times/Humas Bandung

Pemkot Bandung dalam mendapatkan penghargaan ini sudah melalui proses yang panjang. Mulai dari verifikasi formulir hingga diseleksi kembali oleh Tim Evaluasi yang ditunjuk Kementerian PANRB, Ombudsman RI, dan KSP.

"Alhamdulillah kita sudah masuk se-Indonesia dan sekarang kita kesatu," ucap Oded.

3. Nantinya, Kecamatan di Bandung akan terintegrasi dengan aplikasi

Pemkot Bandung Juara 1 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020Wali Kota Bandung Oded M Danial (IDN Times/Humas Bandung)

Adapun dari haril penilaian Tim Evaluasi terpilih 46 peserta terbaik yang terdiri dari enam
kategori Instansi Pemerintah dengan Outstanding Achievement, 30 kategori IP Umum dan 10 pada kategori Unit Pengelola Pelayanan.

Kemudian, terpilih 15 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik 2020 di mana salah satunya adalah Kota Bandung.

"Ini memang sudah di aplikasi, tetapi selain itu, offline juga kita lakukan. Kita punya pelayanan mulai dari tingkat kota, kecamatan, sampai kelurahan. Itu terintegrasi semuanya," tuturnya.

4. SP4N Kota Bandung menjadi keunggulan tersendiri

Pemkot Bandung Juara 1 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020IDN Times/Humas Bandung

Seperti diketahui, kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada instansi dengan pengelolaan pengaduan pelayanan publik terbaik di Indonesia.

Total peserta Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020 yaitu 439 instansi. Peserta terdiri dari 237 Instansi Pemerintah dan 202 Unit Pengelola Pelayanan (UPP).

Perbedaan utama kompetisi tahun ini dibanding tahun lalu adalah adanya penghargaan kategori Outstanding Achievement kepada IP yang telah memiliki platform SP4N (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik) yang sangat unggul sehingga pernah menjadi pemenang dalam kompetisi tahun 2018 atau 2019. Kategori inilah yang kemudian dimenangkan oleh Kota Bandung.

Baca Juga: Minim Wisata Alam, Pemkot Bandung Ciptakan Kampung Kreatif di Cigadung

Baca Juga: Epidemiolog: Pemkot Bandung Gagal Tangani COVID-19 pada Zona Oranye

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya