Pemilu 2024, Sekolah di Bandung Gelar Seminar Pemilih Cerdas

Pemilih muda harus diberikan edukasi sejak dini

Bandung, IDN Times - Jelang Pemilu serentak, 2024 sejumlah persiapan mulai dilakukan. Salah satu yang terpenting dari semua persiapan ini yaitu mematangkan para pemilih muda untuk menggunakan hak suaranya.

Kelompok usia muda yang bisa menggunakan hak suara mulai dari kalangan SMA hingga mahasiswa di universitas. Salah satu yang sudah memberikan pemahaman soal memilih cerdas pada peserta didik ada dari SMA Darul Hikam Bandung.

1. SMA Darul Hikam mulai berikan edukasi memilih pada siswa

Pemilu 2024, Sekolah di Bandung Gelar Seminar Pemilih Cerdas(Istimewa)

Baru-baru ini Darul Hikam Bandung menggelar seminar cerdas menjadi pemilih pemula dalam menyambut hari Sumpah Pemuda, pada Sabtu (28/10/2023). Seminar digelar agar para pemilih bisa menggunakan hak suaranya dengan baik.

Kepala SMA Darul Hikam, Ami Rahmawati, mengatakan seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya partisipasi politik yang cerdas dan bertanggung jawab.

"Melalui seminar ini, kami ingin pemilih pemula dapat belajar tentang proses pemilihan, pentingnya pemahaman terhadap isu-isu kunci, dan bagaimana mengevaluasi kredibilitas dan keandalan informasi politik," ujar Ami, Senin (30/10/2023).

2. Seminar digelar agar para siswa bisa cerdas memilih

Pemilu 2024, Sekolah di Bandung Gelar Seminar Pemilih CerdasIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Ami menjelaskan, seminar ini diharapkan satria muda (panggilan bagi siswa SMA Darul Hikam) lebih cerdas dalam memilih calon pemimpin dan calon anggota legislatif. Sehingga, mereka tidak hanya memilih berdasarkan alasan mereka seorang publik figur atau artis.

"Satria muda bisa cerdas memilih calon pemimpin yang memiliki keberpihakan terhadap umat Islam dan keberpihakannya terhadap pendidikan," katanya.

3. Siswa harus berkontribusi pada proses demokrasi

Pemilu 2024, Sekolah di Bandung Gelar Seminar Pemilih CerdasIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Para pemilih muda harus diberikan edukasi agar hak pilihnya tidak dimanfaatkan oleh oknum. Selain itu, Ami mengatakan, seminar ini juga digelar sekaligus untuk mengajarkan para siswa agar turut mengambil keputusan dalam proses demokrasi Indonesia.

"Seminar ini bisa membantu semua siswa saat mereka membuat keputusan informasi yang lebih baik. Serta, berkontribusi pada proses demokrasi yang sehat," kata dia.

Baca Juga: Pesair 2021, Darul Hikam Siapkan Karakter Calon Pemimpin Masa Depan

Baca Juga: Kreativitas Ponpes Mahad Darul Ma'arif di Era Sosial Media 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya