Pemilih di Kota Bandung Mayoritas dari Kalangan Millennial dan Gen Z

Milenial dan Gen Z siap mencoblos 14 Februari 2024

Bandung, IDN Times - Mayoritas pemilih di Kota Bandung untuk Pemilu 2024 di isi oleh milenial dan generasi Z. Hal itu diketahui berdasarkan Daftat Pemilih Tetap (DPT) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung.

Pemilu 2024 ini, KPU Kota Bandung mencatat dari total 1,8 juta orang yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), sekitar 1 juta pemilih di antaranya merupakan generasi muda dengan rincian 612.643 orang generasi milenial (32,72 persen) dan 408.862 orang generasi Z (21,84 persen).

1. Berharap partisipasi Milenial dan Generasi Z bisa banyak

Pemilih di Kota Bandung Mayoritas dari Kalangan Millennial dan Gen ZSimulasi pemungutan suara pemilu 2024 di Kota Mataram. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dengan kondisi itu, Ketua KPU Kota Bandung, Wenti Frihadianti mengajak, agar generasi milenial dan Z bisa turut bersama-sama mensukseskan jalanya Pemilu pada 14 Februari 2024, dalam kegiatan "Gen Z Ambil Peran Sukseskan Pemilu 2024” di Hotel Grandia, Jalan Cihampelas 82 Kota Bandung, Kamis 8 Februari 2024.

"Mari sukeskan pemilu 2024 sebagai hajat besar bangsa Indonesia ini. Gunakan hak suara dengan baik, jangan terpengaruh oleh pihak tertentu. Jangan mudah tergiring opini yang tidak jelas," ujar Wenti melalui keterangan resmi, Jumat (9/2/2024).

Menurutnya, hasil akhir dari pesta demokrasi yang berkualitas, akan menghadirkan suatu kepemimpinan yang berkualitas. Hal ini menurutnya dapat mendorong strategi dan kebijakan yang penuh akselerasi demi kemajuan bangsa.

2. Pemilu bukan hanya menggunakan hak suara

Pemilih di Kota Bandung Mayoritas dari Kalangan Millennial dan Gen ZIlustrasi pemilu (Pexels.com/Edmond Dantès)

Sementara itu, Sekretaris KPU Kota Bandung, Noviasyah Adjany menyebut, Pemilu 2024 merupakan momentum yang tidak dapat diabaikan dalam perjalanan demokrasi.

Menurutnya, Pemilu kali ini bukan sekadar proses memilih pemimpin bangsa, tetapi juga bagaimana menjadikan suara masyarakat sebagai penentu arah kebijakan dan tatanan sosial di masa depan.

"Tujuan kegiatan ini menciptakan generasi muda yang berperan aktif dalam pembentukan masa depan negara melalui Pemilu. Gen Z tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga terlibat aktif dalam proses ini," ujarnya.

3. Pj Gubernur berharap milet dan Gen Z tidak golput

Pemilih di Kota Bandung Mayoritas dari Kalangan Millennial dan Gen Z(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengatakan, partisipasi dari milenial dan Gen Z cukup banyak di Jawa Barat. Terutama dari kalangan anak kelas 3 SMA/SMK yang kini sudah mendapatkan hak suara dalam Pemilu 2024.

"Harusnya semua yang memenuhi persyaratan, semuanya punya hak pilih," kata dia beberapa hari kemarin.

Baca Juga: Prabowo Kampanye di Bandung, Masyarakat Jabar Penuhi Stadion GBLA

Baca Juga: 11 Restoran Chinese Food Bandung untuk Rayakan Imlek

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya