Pembangunan Tahap Pertama Tol Getaci Ditargetkan Rampung 2024

Tahap pertama akan menghubungkan Gedebage-Garut Utara

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyatakan bahwa pembangunan jalan Tol Getaci (Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap) akan dimulai Maret 2022. Tahap pertama tol ini ditargetkan akan rampung pada 2024.

Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Gubernur Jabar mengatakan, tahap pertama pembangunan akan menghubungkan Gedebage-Garut Utara-Tasikmalaya. Setelah itu, jalan tol akan menghubungkan Tasikmalaya ke Cilacap.

"Mohon doa restu sehingga pembangunan (tol) yang diidam-idamkan masyarakat bisa cepat selesai," ujar Uu melalui keterangan resminya, Sabtu (12/2/2022).

1. Tol dapat mempermudah perekonomian warga

Pembangunan Tahap Pertama Tol Getaci Ditargetkan Rampung 2024Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum saat memimpin rapat evaluasi penanganan COVID-19 di Mapolda Jabar (Dok. Humas Jabar)

Kehadiran Tol Getaci melengkapi konektivitas dari beberapa daerah di Jabar. Menurutnya, kehadiran tol akan mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitas baik perekonomian dan lainnya.

"Saya tidak berharap Tol Getaci ini kejadiannya seperti Bocimi dan Cisumdawu. Maka pengertian dari masyarakat yang diharapkan, termasuk sosialisasi yang lebih awal dan lebih jelas pada masyarakat, untuk masalah teknis tentang pembebasan tanah," ucapnya.

2. Oknum makelar diminta tidak memanfaatkan momentum ini

Pembangunan Tahap Pertama Tol Getaci Ditargetkan Rampung 2024IDN Times/Humas Jabar

Selain itu, masyarakat yang terkena dampak pembangunan tol ada baiknya berkoordinasi dengan pemerintah. Uu bilang, konflik-konflik sebisa mungkin diminimalisir dan tidak banyak terjadi saat pembangunan nantinya.

Kemudian, oknum-oknum makelar juga ada baiknya tidak memanfaatkan momentum ini. Uu mengatakan, jangan sampai tanah yang awalnya satu hektare milik 20 orang, karena tidak kuat ingin duit, akhirnya dijual kepada makelar sehingga menjadi milik satu orang.

"Jadi saya minta pada masyarakat Tasik, Garut, Bandung untuk tidak menjual tanahnya ke makelar sebelum ada transaksi dengan kami supaya tidak berabe di saat yang akan datang," katanya.

3. Masyarakat dapat ganti untung diminta memanfaatkan uang dengan baik

Pembangunan Tahap Pertama Tol Getaci Ditargetkan Rampung 2024IDN Times/Humas Jabar

Selain itu, Uu menegaskan pada masyarakat yang dapat ganti untung agar memanfaatkan uangnya untuk kepentingan produktif dan jangan dihabiskan untuk foya- foya bak orang kaya baru. Uang ada baiknya digunakan untuk membeli tanah kembali.

"Tidak tertutup kemungkinan nanti akan ada bimbingan, akan ada penyuluhan supaya uang itu bermanfaat," ungkapnya.

4. Ada usulan warga untuk berdagang di rest area

Pembangunan Tahap Pertama Tol Getaci Ditargetkan Rampung 2024IDN Times/Humas Jabar

Uu menambahkan, ia sangat mengapresiasi masyarakat yang proaktif dan mendukung pembangunan Tol Getaci ini. Kemudian, adanya permintaan untuk turut serta berdagang di rest area nantinya.

"Alhamdulillah masyarakat bisa menerima dengan baik, kami memiliki keyakinan pembebasan tanah Getaci tidak ada kendala itu khusnudzon kami," kata dia.

Baca Juga: Mini Bus Ringsek di Jalan Tol karena Ban Pecah, 3 Orang Terluka

Baca Juga: Catat! Kota Bandung Mulai Berlakukan Ganjil Genap Pintu Tol Siang Ini

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya