Pelabuhan Patimban Resmi Soft Launching, Ini Pesan Jokowi

Patimban diharapkan mempercepat pelayanan logistik Indonesia

Subang, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berharap Pelabuhan Patimban bisa mempercepat pertumbuhan sentra ekonomi baru dan memberikan percepatan pelayanan di bidang logistik Indonesia.

Hal itu disampaikan Jokowi usai menghadiri Soft Launching dan Pengoperasian Perdana Pelabuhan Internasional Patimban secara virtual di area Car Terminal Pelabuhan Internasional Patimban, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, Minggu (20/12/2020).

1. Pelabuhan Patimban diharapkan bisa memperkuat distribusi di Indonesia

Pelabuhan Patimban Resmi Soft Launching, Ini Pesan JokowiHumas/Pemprov Jabar

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengatakan bahwa pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) memiliki peran penting dan strategis dalam upaya meningkatkan perekonomian di Jabar maupun nasional.

"Dan juga berfungsi memperkuat keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok (di Jakarta) yang sekarang ini sudah terlalu padat, serta menimbulkan kemacetan di ruas jalan Bekasi-Jakarta dan Jakarta-Bekasi," ungkapnya.

2. Gubernur berharap patimban akan menjadi Kota Maritim Jawa Barat

Pelabuhan Patimban Resmi Soft Launching, Ini Pesan JokowiHumas/Pemprov Jabar

Sementara itu Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebut bahwa Pelabuhan Patimban ke depannya akan menjadi cikal bakal kawasan regional Rebana Metropolitan yang terdiri 13 kota industri baru.

"Di mana Patimban juga kami bantu menjadi Kota Maritim Patimban untuk satu juta penduduk. Sehingga diharapkan dalam 30 tahun akan sukses menjadi kawasan dan kota pelabuhan yang luar biasa," ujar Emil.

3. Pelabuhan Patimban akan banyak menyerap tenaga kerja baru

Pelabuhan Patimban Resmi Soft Launching, Ini Pesan JokowiHumas/Pemprov Jabar

Emil kemudian memaparkan bahwa kawasan Rebana Metropolitan ini akan menghasilkan 4,3 juta pekerjaan dalam 15 tahun ke depan, dan memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi hingga empat persen untuk Provinsi Jabar.

"Konsep Presiden terkait super koridor ekonomi di Jawa bagian utara juga disukseskan oleh Patimban," katanya.

4. Patimban akan terhubung dengan kereta cepat dan tol khusus

Pelabuhan Patimban Resmi Soft Launching, Ini Pesan JokowiHumas/Pemprov Jabar

Di sisi lain, Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi menjelaskan, sesuai arahan Presiden, Pelabuhan Patimban akan disinergikan dengan Pelabuhan Tanjung Priok untuk meningkatkan efisiensi waktu dan biaya logistik nasional.

"Pelabuhan Patimban juga akan terkoneksi dengan jalan tol dan kereta api sehingga diharapkan meningkatkan potensi pembangunan sepuluh kawasan industri di sepanjang koridor utara Jawa. Sehingga perekonomian meningkat dan memberikan manfaat bagi masyarakat," kata dia.

Baca Juga: Jos! Mulai Bulan Depan Pelabuhan Patimban Sudah Bisa Digunakan

Baca Juga: Menhub: Pelabuhan Patimban Ditargetkan Beroperasi Desember 2020

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya