Pekan Ini BIJB Kertajati Mulai Terbangkan Jemaah Umrah

Rencana penerbangan akan menggunakan maskapai Garuda

Bandung, IDN Times - Bandar Udara Internasional (BIJB) Jawa Barat (Jabar) perlahan mulai pulih. Pemberangkatan jemaah haji yang sebelumnya terkendala kini direncakan mulai diberangkatkan pada 7 dan 20 November 2022.

Direktur Utama PT BIJB Kertajati, M. Singgih mengatakan, penerbangan jemaah umrah sudah bisa dilakukan dari Kertajati. Informasi jadwal pemberangkatan dari maskapai juga sudah keluar.

"November tanggal 20 sudah sama dengan Garuda. Tapi tanggal 7 November itu memang waktu mepet tapi ini sedang proses dan sudah direncanakan dengan Garuda di tanggal itu," ujar Singgih dihubungi Rabu (2/11/2022).

1. Lion Air juga direncanakan akan berangkatkan jemaah umrah

Pekan Ini BIJB Kertajati Mulai Terbangkan Jemaah UmrahDok. Istimewa / WIjaya Karya (WIKA)

Singgih menjelaskan, ada beberapa maskapai lain yang kini juga mulai merapat dan akan memberangkatkan jemaah umrah. Namun, hal ini masih dalam rencana dan belum final seperti maskapai Garuda.

"Masih menunggu informasi lebih lanjut dari Lion Air. Lion belum cek, masih pengecekan saja, nanti dikabari lagi," ungkapnya.

Kemudian, Singgih mengatakan, tidak hanya penerbangan jemaah umrah, BIJB Kertajati juga kini masih menggelar penerbangan maskapai untuk kargo. Pada November 2022 juga dipastikan akan ada penambahan.

"Kargo kami mau meningkatkan lagi kapasitas. Harapannya akhir November bisa lebih dari lima penerbangan. Mudah-mudahan berjalan baik," kata dia.

2. Sebanyak 40 ribu jemaah umrah akan berangkat dari BIJB Kertajati

Pekan Ini BIJB Kertajati Mulai Terbangkan Jemaah UmrahSuasana BIJB Kertajati jelang kedatangan WNI ABK Diamond Princess (IDN Times/Azzis Z)

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jabar, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, BIJB Kertajati bakal memberangkatkan 40 ribu jemaah umrah pada November 2022. Rencana ini sejalan dengan proses pembangunan yang kini sudah mendekati maksimal.

Selain itu, pembangunan infrastruktur penunjang BIJB Kertajati juga terus berproses. Seperti, pembangunan jalan tol Jalan Tol Cileunyi-Sumedang–Dawuan kini terus membaik.

"Jalan Tol di Dawuan mudah-mudahan selesai di akhir tahun ini. Jadi kalau jalan tol selesai di akhir tahun ini, dan yang sudah tercatat umroh di Jawa Barat ini sekitar 40 ribu. Saya rasa Kertajati akan tumbuh dan berkembang dengan baik," ujar Setiawan, Senin (26/9/2022).

3. Selain umrah, BIJB Kertajati juga akan melayani penerbangan reguler

Pekan Ini BIJB Kertajati Mulai Terbangkan Jemaah UmrahBandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Setiawan menjelaskan, selain untuk memberangkatkan jemaah umrah. BIJB Kertajati juga akan kembali melayani penerbangan domestik seperti sebelum-sebelumnya.

"Pokoknya maskapai Garuda itu kurang lebih seminggu sekali. Lion sehari dua kali. Kurang lebih sekian," ucapnya.

Kemudian, sejumlah pesawat yang tadinya hanya mendarat di Bandara Husein Sastranegara akan turut dipindahkan ke BIJB Kertajati. Dia berharap, Bandara Kertajati bisa kembali beroperasi dengan maksimal.

"Karena saat ini kita sudah mengirimkan surat juga Menteri Perhubungan bahwa untuk pesawat-pesawat jet dan propeller yang tadinya mendarat di Husein itu dikembalikan ke Kertajati," katanya.

Baca Juga: BIJB Kertajati Harus Bisa Terbangkan Jemaah Umrah Bulan Depan

Baca Juga: Penerbangan Jemaah Umrah Lewat BIJB Kertajati Terkendala Harga Avtur

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya