Pedas! Harga Cabe-Cabean di Kota Bandung Meroket

Cabai dijual Rp110 ribu-Rp120 ribu per kilogram

Bandung, IDN Times - Harga cabai-cabaian di Kota Bandung melejit. Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung menyatakan, kenaikan harga cabai hampir rata dirasakan semua pasar tradisional di Kota Bandung.

Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliyah mengatakan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya harga cabai. Mulai dari petani telat panen hingga minimnya stok cabai di pasaran.

"Berdasarkan pantauan harga pada pekan kemarin harga satu kilogram cabai merah ada Rp110 ribu sampai Rp120 ribu," ujar Elly saat ditemui di Balai Kota Bandung, Senin (16/3/2021).

1. Harga cabai sama dengan harga daging

Pedas! Harga Cabe-Cabean di Kota Bandung Meroketilustrasi komoditas cabai di pasar tradisional. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Harga cabai saat ini disebutkan Elly hampir sama dengan harga daging. Menurutnya, untuk harga cabai merah merah tanjung satu kilogramnya ada di kisaran Rp60 ribu, sedangkan cabai merah kriting ada di angka sama yaitu Rp60 ribu.

"Kenaikannya cukup drastis, dari angka Harga Eceran Tertinggi (HET). Kalau HET kita sekarang harga cabai ada Rp30 ribu," ungkapannya.

2. Banyak cabai kiriman dari Jawa Timur

Pedas! Harga Cabe-Cabean di Kota Bandung MeroketIlustrasi Cabai Rawit. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Kenaikan harga cabai terjadi bukan hanya stok di pasaran habis. Elly bilang, faktor cuaca saat ini menjadi kendala paling serius bagi petani cabai untuk melakukan perawatan cabai.

"InsyaAllah akhir April panen raya. Ini banyak petani dari Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut. Tetapi kebanyakan dari Jawa Timur," ucapnya.

3. April dipastikan harga akan normal kembali

Pedas! Harga Cabe-Cabean di Kota Bandung MeroketCabai rawit (IDN Times/Umi Kalsum)

Elly menambahkan, untuk pasokan cabai menjelang ramadan pada April mendatang dipastikan akan aman. Sebab, pada bulan itu dipastikan petani sudah banyak panen dan pengiriman cabai akan kembali normal.

"Stok cabai dipastikan akan aman pada bulan depan. Dari Jawa Timur juga akan banyak masuk ke Kota Bandung," katanya.

4. Warga diminta tidak panik

Pedas! Harga Cabe-Cabean di Kota Bandung MeroketIlustrasi cabai merah dan cabai hijau (IDN Times/Saifullah)

Selain harga cabai, sampai saat ini sejumlah komoditi makanan pokok di pasar-pasar tradisional tidak ditemukan kenaikan. Ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan bersabar dalam kondisi seperti saat ini.

"Harga bahan pokok lain di pasaran tidak ada. Beras juga kita masih banyak karena ada dari Bulog," kata dia.

Baca Juga: Sudah Meninggal, Sopir Bus Maut Sumedang Ditetapkan Jadi Tersangka

Baca Juga: 29 Orang Meninggal, Polisi Jadikan Sopir Bus Maut Sumedang Tersangka

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya