Pedagang Positif Corona, Pasar Cimidi dan Batas Kota Bandung Ditutup! 

Penutupan dibarengi dengan penyemprotan disinfektan

Bandung, IDN Times - Pasar Stasiun Cimidi dan Pasar Batas Kota Bandung Kecamatan Andir, Kota Bandung ditutup pasca lima pedagang terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan tes PCR Sabtu (4/7/2020). Penutupan pasar dibarengi dengan penyemprotan disinfektan di seluruh kios pedagang, Senin(6/7/2020).

Berdasarkan pantauan IDN Times, disinfektan disemprotkan menggunakan mobil pemadam kebakaran dengan petugas yang memakai APD lengkap. Sekertaris Camat Andir, Uba Rinaldi mengatakan, kedua pasar ditutup karena terdapat pedagang dinyatakan positif COVID-19.

"Untuk di pasar Cimindi ada empat orang yang positif sementara pasar Batas Kota ada satu orang yang positif," ujar Uba saat ditemui disela-sela penutupan Pasar Cimindi, Senin (6/7/2020).

1. Pasar ditutup selama tiga hari

Pedagang Positif Corona, Pasar Cimidi dan Batas Kota Bandung Ditutup! IDN Times/Azzis Zulkhairil

Uba menuturkan, penutupan dilakukan Pemkot Bandung untuk beberapa hari ke depan. Kemudian untuk penyemprotan disinfektan sendiri tidak hanya dilakukan untuk satu hari saja. Menurutnya beberapa hari setelahnya akan terus ada sterilisasi tersebut.

"Ditutup selama tiga hari, itu hasil dari konsultasi dengan gugus tugas kota, dengan melihat aspek kesehatan dan perekonomian," ungkapnya.

2. Lima pedagang positif COVID-19 langsung isolasi mandiri

Pedagang Positif Corona, Pasar Cimidi dan Batas Kota Bandung Ditutup! Ilustrasi. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Uba mengungkapkan, lima orang positif COVID-19 tersebut saat ini tengah menjalani Isolasi secara mandiri. Sayangnya ia tidak menjelaskan apakah pasien positif tersebut merupakan warga Kota Bandung atau warga Kota Cimahi.

"Pedagang positif tersebut masuk kategori tanpa gejala. Setelah dari hasil rapid tes, dinyatakan reaktif, kelimanya langsung menjalani isolasi sambil menunggu hasil swab. Dari hasil swab mereka baru dinyatakan‎ positif," tuturnya.

3. Hanya satu pedagang yang positif COVID-19

Pedagang Positif Corona, Pasar Cimidi dan Batas Kota Bandung Ditutup! Ilustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Di tempat yang sama, seorang pengelola mandiri pasar Cimindi, Muhamad Ramdan (45) mengatakan, dari semua pedagang yang terkonfirmasi positif hanya satu orang yang merupakan pedagang tetap. Adapun beberapa orang lainnya merupakan bukan pedagang.

"Lainnya, tukang parkir, dua pedagang tidak tetap," ujar Ramdan.

4. Pedagang lain sudah diisolasi secara mandiri

Pedagang Positif Corona, Pasar Cimidi dan Batas Kota Bandung Ditutup! Dok.Humas Jabar

Jumlah pedagang Pasar Cimindi, terdapat 115 pedagang. Sedangkan untuk sejumlah pedagang lain saat ini tengah menjalani isolasi diri dan tidak diizinkan untuk bepergian jauh guna mengantisipasi penyebaran corona.

"Kita sudah sosialisasi juga, teman-teman lainnya tidak keberatan karena kita juga ingin sehat dan aman berkegiatan di pasar," kata dia.

Baca Juga: Kasus Positif COVID-19 di Pasar Tradisional Kembali Muncul di Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya