Pedagang Pasar Kota Bandung Mulai Disuntik Vaksin Sinovac

Target 200 pedagang selesai divaksin di hari pertama

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung mulai melakukan penyuntikan vaksin Sinovac tahap II untuk pedagang pasar di Pasar Sederhana, Jalan Sederhana, Kota Bandung, Sabtu (27/2/2021).

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menargetkan penyuntikan vaksin pedagang pada hari pertama bisa mencapai 200 orang. Adapun pada 10:33 WIB, sudah ada 70 pedagang disuntik vaksin.

1. Pasar Sederhana dipilih karena paling berisiko

Pedagang Pasar Kota Bandung Mulai Disuntik Vaksin Sinovac(Penyuntikan vaksin pedagang di Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Penyuntikan vaksin bagi para pedagang digelar beradasarkan aturan dari pemerintah pusat. Kepala Dinkes Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan, seluruh pedagang Kota Bandung dipastikan akan mendapatkan suntikan vaksin Sinovac tahap II.

"Memilih Pasar Sederhana karena pedagangnya banyak, lumayan padat, dan paling berisiko. Jadi bagus untuk kita datangani," ujar Ahyani saat ditemui di lokasi.

2. Penyuntikan berdasarkan data pedagang dari PD Pasar

Pedagang Pasar Kota Bandung Mulai Disuntik Vaksin Sinovac(Penyuntikan vaksin pedagang di Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Dalam proses penyuntikan vaksin pada pedagang Pasar Sederhana, Dinkes Kota Bandung dibantu oleh beberapa relawan seperti dari Puskesmas dan PD Pasar. Adapun mekanismenya, para pedagang langsung dipanggil oleh petugas.

"Kita suntik berdasarkan data yang sudah diserahkan oleh PD Pasar Bandung Bermartabat dari sebelum-sebelumnya," ucap Ahyani.

3. Ada perluasan kriteria penerima vaksin tahap II

Pedagang Pasar Kota Bandung Mulai Disuntik Vaksin SinovacIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Penyuntikan vaksin tahap II tidak hanya menyasar para pedagang pasar,. Menurut Ahyani, petugas pelayanan publik seperti Polri dan TNI, tokoh agama, pelaku transportasi, pedagang toko modern, dan SDM kesehatan yang belum tercover di tahap I akan disuntik pada tahap II ini.

"Ini dari Kemenkes ada perluasan kriteria. Dahulu yang tensi di atas 140 kemarin gak boleh, tapi sekarang jadi boleh. Yang menyusui juga sekarang boleh," katanya.

4. Skema penyuntikan vaksin tahap II di beda-bedakan

Pedagang Pasar Kota Bandung Mulai Disuntik Vaksin SinovacVaksin COVID-19 Sinovac pada 19 Juli 2020 tiba di Soetta dan langsung dibawa ke Bandung untuk segera mulai Uji Klinis oleh Biofarma dan FK Unpad. Dok. IDN Times/bt

Ahyani menambahkan, pemberian vaksin pada lansia dan pedagang pasar sengaja dibedakan lantaran faktor efisiensi. Ia menuturkan, untuk lansia diberikan tempat tenang seperti fasilitas kesehatan, bukan tempat massal.

"Vaksinasi pelayan publiknya, kita pakai (skema) massal. Polri sudah mulai kemaren karena mereka punya klinik sendiri jadi mereka tangani sendiri. TNI mungkin munggu depan, dia kan juga punya RS," kata dia.

Baca Juga: Kemenkes Mulai Vaksin Pedagang hingga Ojol

Baca Juga: Senin Nanti, 2.100 Pedagang Kota Tangerang Divaksin di Tempat Jualan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya