PDIP: Dukungan Ganjar Pranowo Geser Anies Baswedan di Jawa Barat

Hasto klaim tren dukungan Ganjar Pranowo di Jabar positif

Bandung, IDN Times - Dukungan Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo di Jawa Barat mengalami peningkatan. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengklaim peningkatan ini melampaui elektabilitas Anies Baswedan di Jawa Barat.

"Khusus yang ada di Jawa Barat itu trennya sudah positif. (Dukungan Ganjar) melampaui Pak Anies," ujar Hasto di Savoy Homan, Kota Bandung, Selasa (25/7/2023).

1. Ganajar Pranowo kini peringkat kedua, geser Anies Baswedan

PDIP: Dukungan Ganjar Pranowo Geser Anies Baswedan di Jawa BaratSekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara itu Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono mengatakan, peningkatan dukungan ini tercatat berdasarkan survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Adapun dukungan warga Jabar pada Ganjar di survei sebelumnya masih buncit di urutan ketiga.

"Pilpres kami terjadi kenaikan dukungan masyarakat Jabar terhadap Ganjar Pranowo yang pada survei sebelumnya, selalu peringkat ke tiga dan Alhamdulillah saat ini sudah peringkat kedua," ungkapnya.

2. Peningkatan terjadi karena kader bergerak

PDIP: Dukungan Ganjar Pranowo Geser Anies Baswedan di Jawa BaratKetua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ada beberapa faktor yang membuat Ganjar mampu menggeser posisi Anies Baswedan. Ono mengatakan, salah satu faktor pendukung ini yaitu dengan sigapnya kader dalam mensosialisasikan Ganjar Pranowo usai dideklarasikan menjadi Bacapres dari PDIP. Apalagi, saat ini sudah ada beberapa partai pendukung yang ikut mempromosikan Ganjar.

"Kami yakin dengan pergerakan tiga pilar partai PDIP, PPP, Hanura dan Perindo ditambah relawan kita, paling tidak akan langsung menggeser Pak Prabowo nanti 14 Februari 2024," katanya.

3. SMRC ungkap peningkatan dukungan dilatar-belakangi tiga hal

PDIP: Dukungan Ganjar Pranowo Geser Anies Baswedan di Jawa BaratKetua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara itu Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas mengatakan, dukungan warga Jawa Barat untuk Ganjar Pranowo mengalami peningkatan 10 persen dari tahun kemarin. Peningkatan ini terjadi karena tiga faktor.

"Faktor pertama, tingkat kedisukan cukup baik. Kedua pergerakan partai politik pendukung utama sudah optimal sebelumnya baru relawan informal sekarang bergerak. Tiga soal kebijakan Pak Ganjar yang sudah ditangkap masyarakat," kata Sirojudin.

Lebih lanjut, Sirojudin menjelaskan, secara perlahan warga Jabar mulai memberikan tempat untuk Ganjar Pranowo. Adapun peningkatan dukungan ini ditemukan di beberapa daerah seperti Pantura, dan Jawa Barat bagian selatan.

"Peningkatan di wilayah Pantura, terus timur Jawa Barat, Kuningan, Pangandaran, selatan Jawa Barat juga mulai membaik. Memang masih didominaai Prabowbo, meski itu perlahan Ganjar membaik. Cianjur dan Tasikmalaya juga," kata dia.

Baca Juga: Soal Isu Effendi Simbolon Tak Masuk Caleg PDIP 2024, Ini Kata Hasto

Baca Juga: Lelucon Susi saat Ditemui Anies Baswedan: Somebody Stole the Sun

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya