PDIP Beri Sinyal ke Gerindra Dorong Demul Maju Pilgub Jabar

PDIP Jabar sudah bertemu langsung dengan Demul

Bandung, IDN Times - DPD PDI Perjuangan Jawa Barat memberikan sinyal ke politisi Partai Gerindra, Dedi Mulyadi alias Demul untuk berkoalisi di Pilgub Jawa Barat. Sinyal ini muncul setelah adanya komunikasi politik dari kedua partai itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono bun membenarkan dirinya sudah melakukan komunikasi dan bertemu langsung bersama Demul. Ono mengatakan, ada beberapa beberapa poin yang sudah dibicarakan.

"Jadi kalau saya dengan Kang Demul mesra karena memang dulu sama-sama di komisi 4 DPR RI, sehingga saya bertemu mengobati rasa kangen diskusi masalah pertanian dan perikanan," ujar Ono, Kamis (2/5/2024).

1. Ono dan Demul sudah bicara langsung soal Pilgub Jabar

PDIP Beri Sinyal ke Gerindra Dorong Demul Maju Pilgub JabarDedi Mulyadi (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ono tidak menampik ada obrolan soal Pilgub Jawa Barat di sela soal masalah pembahasan pertanian dan perikanan. Apalagi, saat ini Demul digadang-gadang sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat dari Partai Gerindra.

"Dan beliau juga digadang-gadang calon gubernur dari Gerindra, jadi perlu juga kami dalami kesiapan beliau untuk menghadapi Calon Gubernur Jabar," katanya.

Kemudian, selain berbicara langsung bersama Demul, PDI Perjuangan Jawa Barat juga telah menjalin obrolan dengan Partai Gerindra Jawa Barat untuk peluang berkolalisi bersama di Pilkada 2024.

"Untuk peluang Koalisi kemarin sama Pak Taufik, Pak Haris Bobiho sekertaris Gerindra Jabar, cerita bila sudah bicara peluang Koalisi PDI Perjuangan Gerindra tidak hanya di Jabar tapi 27 kabupaten dan kota," kata Ono.

2. Ono memastikan akan ada pertemuan lanjutan

PDIP Beri Sinyal ke Gerindra Dorong Demul Maju Pilgub JabarKetua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono. (Istimewa)

Obrolan kedua partai itu juga sudah mengarah untuk membuat peta politik di Pilkada Jawa Barat. Ono mengatakan, PDI Perjuangan dalam beberapa waktu ke depan akan mengadakan pertemuan lagi untuk lebih memantapkan rencana koalisi.

"Selanjutnya kami bahas peta politik masing-masing untuk bicara peluang koalisi. Kami ada 147 figur untuk Pilkda Jawa Barat. Kalau untuk calon gubernur kami dalami juga. Dari internal PDIP kan jelas ada saya, Ibu Ineu, dan Pak TB Hasanuddin," kata dia.

3. PDIP Jabar masih lakukan fit and proper test 147 calon kepala daerah

PDIP Beri Sinyal ke Gerindra Dorong Demul Maju Pilgub JabarIlustrasi pilkada serentak.ANTARA

Ono menambahkan, saat ini PDI Perjuangan masih melakukan fit and proper test untuk 147 calon bupati dan wali kota di Jawa Barat. Ada beberapa nama yang kini sudah menjalani tes tersebut. Adapun untuk hari ini ada sebanyak sepuluh bakal calon kepala daerah dari sepuluh kabupaten dan kota.

"Kami masih melakukan fit and proper test itu untuk 147 bakal calon kepala daerah yang mendaftarkan diri. Sebanyak 70 persen non-kader," kata dia.

Baca Juga: Hengky Kurniawan Masuk Penjaringan Pilkada KBB Lewat PDIP Jabar

Baca Juga: Suara Beralih ke Golkar, NasDem Minta Rekapitulasi Jabar I Dibatalkan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya