Partai Politik di Jabar Mulai Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah

Kader dan non-kader dipersilahkan mendaftarkan diri

Bandung, IDN Times - Partai Politik di Jawa Barat sudah membuka pendafataran kepala daerah untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub), Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) 2024. Seluruh kader dan non-kader dipersilakan untuk mendaftarkan diri.

Beberapa partai yang sudah membuka pendafataran Pilkada Jawa Barat ada dari Partai Demokrat, PDI Perjuangan, hingga Partai Golkar. Mereka membuka peluang untuk kader dan non-kader masuk dalam penjaringan kepala daerah 2024.

1. Partai Demokrat Jabar buka pendafataran untuk Pilgub, Pilbup, Pilwalkot

Partai Politik di Jabar Mulai Buka Penjaringan Calon Kepala DaerahPrabowo Subianto menyapa dan berjoget bersama puluhan ribu warga Malang dalam agenda kampanye nasional Partai Demokrat di Stadion Gajayana, Kota Malang. (dok. TKN Prabowo)

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat, Anton Sukartono Suratto mengatakan, terhitung mulai 15 April hingga 30 April 2024 partainya sudah membuka pendafataran untuk Pilgub, Pilbup, dan Pilwalkot.

Adapun pendaftaran Pilgub dilakukan di Kantor DPD Partai Demokrat Jawa Barat. Untuk penjaringan bakal calon bupati dan wali kota dilakukan di setiap kantor DPC Demokrat se-Jawa Barat.

"Kami menyatakan keseriusan dan komitmen untuk memenangkan pilgub, pilkada bupati maupun wali kota se-Jabar," ujar Anton, dikutip Rabu (17/4/2024).

2. Pendafataran terbuka untuk semua golongan

Partai Politik di Jabar Mulai Buka Penjaringan Calon Kepala Daerahilustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Lebih lanjut, terkait sosok yang akan diusung Demokrat Jabar, menurut Anton harus memenuhi sejumlah kriteria.

Pertama adalah rekam jejak positif, kedua yaitu tidak memiliki resistensi di daerahnya. Ketiga, memiliki kesungguhan untuk berjuang bersama, dan keempat ada kesamaan visi dalam melaksanakan pembangunan daerah.

"Kami partai inklusif artinya terbuka kepada putra-putri terbaik di Jawa Barat yang penuhi kriteria untuk ikut penjaringan bakal calon kepada daerah melalui Partai Demokrat," katanya.

3. PDIP dan Golkar juga siap menerima bakal calon kepala daerah Pilkada 2024

Partai Politik di Jabar Mulai Buka Penjaringan Calon Kepala Daerahilustrasi pemilu (dok. IDN Times/ Agung Sedana)

Sementara PDI Perjuangan Jawa Barat juga memastikan sudah membuka penjaringan calon kepala daerah 2024. Partai berlambang banteng ini memastikan pendaftaran dilakukan secara terbuka. Kader dan non-kader dipastikan bisa mengisi formulir pendaftaran.

PDI Perjuangan Jawa Barat membuka pendafataran untuk Pilgub dan Pilwakot sejak tanggal 1-20 April 2024 di kantor DPC 27 kabupaten dan kota.

"Nanti mulai tanggal 21 April 2024 di tingkat Jabar, untuk semua, baik untuk kepala daerah kabupaten kita maupun untuk gubernur sampai dengan tanggal 31 April 2024," ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, Ono Surono, Rabu (17/4/2024).

Sementara, Partai Golkar Jawa Barat juga memastikan sudah membuka pendafataran untuk calon kepala daerah di Pilkada 2024. Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris DPD Golkar Jabar, MQ Iswara.

"Partai Golkar Jawa Barat sudah membuka penjaringan kepala daerah untuk Pilkada 2024," kata Iswara.

Baca Juga: 3 Politisi Gerindra Berpotensi Maju Pilgub Jabar 2024

Baca Juga: Sekda Jabar Siap Polisikan Pelaku Pungli di Masjid Al Jabbar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya