Pantau Malam Misa, Emil Ucapkan Selamat Natal dan Tetap Jaga Kedamaian

Kedamaian disematkan dalam ayat-ayat Pancasila

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Barat beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Barat, memantau malam misa di sejumlah Gereja di Kota Bandung dan Cimahi, Selasa (24/12) malam.

Berdasarkan Pantauan IDN Times, Ridwan Kamil atau Emil datang beserta rombongan dan memulai pantauan pertama pelaksanaan Malam Misa di Gereja Katedral Santo Petrus, Jalan Merdeka, Kota Bandung. Rencananya, rombongan ini akan meninjau sejumlah gereja di Kota Bandung dan berakhir di Gereja Santo Ignasius Baros, Kota Cimahi.

Lalu apa saja pesan Emil dalam pantauan di Gereja Katedral Santo Petrus?

1. Emil datang dengan rombongan lengkap

Pantau Malam Misa, Emil Ucapkan Selamat Natal dan Tetap Jaga KedamaianIDN Times/Azzis Zulkhairil

Dalam sambutannya, Emil merasakan ada kebahagiaan di malam Natal 2019. Hal tersebut kata dia, tercermin dari lengkapnya instansi terkait yang turut datang dan turun menjamin lancarnya rangkaian Natal 2019 di Kota Bandung, Khususnya Jawa Barat.

"Malam bahagia ini kita hadir lengkap, ada ketua DPRD, Pangdam, Polda dan Wali Kota Bandung, hadir untuk merasakan sukacita dan kebahagian menjamin aman nyaman umat kristiani merayakan natal khidmat khusus dan acara berkalan lancar," ujar Emil disela sambutanya.

2. Ucapkan selamat Natal kepada jemaat Gereja Katedral Santo Petrus

Pantau Malam Misa, Emil Ucapkan Selamat Natal dan Tetap Jaga KedamaianIDN Times/Azzis Zulkhairil

Emil mengatakan, dalam Natal 2019, umat yang merayakan harus senantiasa menjaga perdamaian. Sebab menurutnya, damai merupakan kata yang mulia dan dan sangat mahal harganya.

"Kami ucapkan selamat Natal, dan kita jaga nikmat yang hadir, yaitu perdamaian. Damai adalah kata mulia dan mahal ini harus dijaga dan kita bisa lihat itu malam ini," ungkapnya.

3. Kedamaian harus senantiasa terjaga

Pantau Malam Misa, Emil Ucapkan Selamat Natal dan Tetap Jaga KedamaianIDN Times/Wildan Ibnu

Lebih lanjut, Emil menginginkan, umat Katolik harus senantiasa mendoakan Indonesia agar pada tahun depan selalu dalam kedamaian. Hal tersebut pun harus sudah tergambar dalam sila Pancasila.

"Kita doakan Indonesia tahun depan selalu dalam kedamaian, sesuai dengan sila pertama Pancasila sila kesatuan, yaitu ketuhanan dan sila ketiga bertemu, ini harus kita jaga," katanya.

Baca Juga: H-1 Natal, Kepolisian Pastikan Umat Kristiani Aman untuk Beribadah

4. Berharap tidak ada gangguan selama Natal 2019

Pantau Malam Misa, Emil Ucapkan Selamat Natal dan Tetap Jaga KedamaianIDN Times/Azzis Zulkhairil

Kemudian, Emil menginginkan, umat yang menjalankan Natal 2019 harus dalam keadan bahagia. Ia pun berharap seluruh rangkaian Natal 2019 berjalan lancar dan tidak ada gangguan-gangguan yang mengancam ketentraman.

"Laksanakan sesuai yang diharapkan, itu harapan kami. Selamat hari natal dan selamat malam," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini

Baca Juga: Jelang Natal, Wali Kota Oded: Bandung Milik Kita Bersama

Baca Juga: Perayaan Natal, Kisah Dedi Mulyadi saat Diajari Guru Katolik Ketika SD

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya