Omicron Bandung Mencemaskan, Ridwan Kamil Beri Pesan ke Yana Mulyana

Random sampling COVID-19 di hotel-restoran harus dilakukan

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil memberikan pesan khusus pada Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Emil meminta Yana melakukan random sample di hotel dan restoran.

"Saya minta, khususnya di Bandung Pak Yana menyampaikan agar melakukan random sampling pengetesan di hotel dan restoran, karena dugaan derasnya wisatawan mempengaruhi kasus Omicron khususnya di Kota Bandung," ujar Emil, Senin (7/2/2022).

1. PTM diizinkan untuk diberhentikan sesuai kondisi COVID-19

Omicron Bandung Mencemaskan, Ridwan Kamil Beri Pesan ke Yana MulyanaRidwan Kamil menghadiri acara Indonesia Millennial Summit by IDN Times (Dok. IDN Times)

Menurutnya, random sampling itu diperlukan agar dapat mengetahui dan memutus penyebaran kasus Omicron. Adapun kondisi Kota Bandung saat ini tengah mengalami lonjakan kasus COVID-19.

Selain Bandung, kondisi serupa juga dialami Kota Depok. Emil bilang, Kota Depok memiliki kasus COVID-19 yang cukup tinggi.

"Depok tadi pak wali melaporkan ada 500-an anak sekolah terkena COVID-19 dalam masa seperti ini, maka pengurangan 50 persen jadi 25 persen atau penghentian (PTM) sama sekali dipersilakan sesuai kebutuhan," kata dia.

2. Pemprov Jabar nyatakan PPKM level 3 ada di dua wilayah aglomerasi

Omicron Bandung Mencemaskan, Ridwan Kamil Beri Pesan ke Yana MulyanaIDN Times

Sebelumnya, Emil menyatakan bahwa dua wilayah aglomerasi di Jabar masuk pada PPKM level 3. Dua wilayah ini yaitu Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek) dan Bandung Raya. Keputusan itu diambil setelah Pemprov Jabar rapat dengan pemerintah pusat mengenai PPKM level 3.

"Pak Luhut sudah mengumumkan status PPKM level 3 untuk aglomerasi Bodebek dan Bandung Raya di wilayah Jabar. Penekanannya tolong diingatkan lagi kata Pak Luhut bukan tingginya kasus yang utama, tapi rendahnya pelacakan atau tracing," ujar Emil.

3. PPKM level 3 harus menjadi peringatan wilayah aglomerasi

Omicron Bandung Mencemaskan, Ridwan Kamil Beri Pesan ke Yana Mulyana ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Emil mengatakan, status PPKM level 3 ini harus menjadi peringatan untuk wilayah aglomerasi di Jabar. Menurutnya, dua wilayah aglomerasi itu saat ini tengah mengalami kenaikan kasus.

"Sehingga ini memotivasi agar wilayah Bodebek dan Bandung Raya meningkatkan tracing, yang sakit harus dicek sebanyak mungkin kontak eratnya," ucapnya.

Selain itu, Emil juga menyampaikan hasil rapat dengan presiden mengenai langkah penanganan COVID-19 ke depan. Ia bilang, daerah harus memperkuat kembali vaksinasi terutama untuk lansia.

"Omicron ini kasusnya cepat, ada empat wilayah di Jawa Barat yang kasus hariannya sudah melebihi rekor Delta per harinya, salah satunya Depok, kemudian Kota Bekasi, dan lain-lain," ungkapnya.

4. Kasus Omicron di Jabar belum parah seperti kasus Delta

Omicron Bandung Mencemaskan, Ridwan Kamil Beri Pesan ke Yana Mulyanailustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Meski saat ini diminta menerapkan PPKM level 3 di dua wilayah, Emil menjelaskan bahwa kasus Omicron tidak seperti kasus Delta. Orang yang terpapar Omicron tidak menunjukkan tingkat fataliti luar biasa.

"Pemprov Jabar mengimbau kepada masyarakat agar kalau tidak ada gejala atau gejala ringan jangan dikit-dikit mendatangi rumah sakit. Dengan tiga empat hari sembuh," katanya.

Kemudian, masyarakat juga diminta jangan panik, sebab pemerintah terus melakukan penanganan agar kasus terus menurun. "Tidak bergejala dan bergejala ringan relatif bisa sembuh sendiri dengan obat-obatan gratis dari negara yang bisa kita bantu melalui telemedicine Kementerian Kesehatan," ucapnya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Gelar Vaksinasi Booster di 10 Daerah

Baca Juga: IDI Jabar Minta Pemprov Jabar Perhatikan Pasokan Oksigen Rumah Sakit

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya