Oded: Epidemiolog Minta Kota Bandung Tunda KBM Tatap Muka di 2021

Kota Bandung saat ini masih belum memutuskan KBM tatap muka

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Oded M. Danial mendapatkan saran dari epidemiolog untuk tidak buru-buru mencabut kebijakan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka pada semester genap Januari tahun 2021 di tengah pandemik COVID-19.

"Satu epidemiolog rekomendasinya belum dibuka. Dari epidemiologi, belum dari yang lain, analisis dan kajian mereka merupakan bagian daripada masukan ke mang Oded nanti apakah layak tidak, sudah siap atau tidak kota Bandung belajar tatap muka atau tidak," ujarnya, Selasa (29/12/2020).

1. Oded mengaku sengaja mengumpulkan ahli-ahli

Oded: Epidemiolog Minta Kota Bandung Tunda KBM Tatap Muka di 2021Siswa-siswi SMP/SMA Gotong Royong saat jalani KBM jarak jauh. Dok: istimewa

Ia mengatakan, Pemkot Bandung akan tetap mengutamakan kajian terlebih dahulu dalam kebijakan KBM tatap muka. Oded merasakan, saat ini peran ahli membantu memberikan rekomendasi yang tepat untuk seluruh siswa.

"Mang Oded sengaja hari ini meminta kepada dinas terkait untuk mengadakan FGD dalam rangka harapan mang Oded dari FGD hari ini para pakar bisa menyampaikan eksisting," ungkapnya.

2. Masih ada waktu Pemkot Bandung memutuskan KBM tatap muka

Oded: Epidemiolog Minta Kota Bandung Tunda KBM Tatap Muka di 2021Ilustrasi sekolah tatap muka (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Oded berharap, pertemuan dengan ahli dan epidemiolog akan menghasilkan keputusan yang tepat dan dapat mengurangi risiko penambahan kasus COVID-19 di Kota Bandung. Apa lagi, katanya, saat ini Kota Bandung masih dipenuhi dengan kasus klaster keluarga.

"Sekarang kan kebijakannya (mulai belajar) tanggal 12 Januari kita masih punya waktu dari hari ini kita bisa melihat," ucapnya.

3. Saat ini Kota Bandung masih dalam zona hijau

Oded: Epidemiolog Minta Kota Bandung Tunda KBM Tatap Muka di 2021Ilustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Kemudian, Oded mengaku akan menerima semua masukan dari para ahli tersebut. Adapun dalam kesempatan ini pengamat pendidikan juga turut didatangkan untuk memaparkan sejumlah saran-saran bagi kebijakan KBM tahun 2021

"Kebijakan dari kementerian itu sudah jelas, bahwa yang diperbolehkan itu zona hijau, kita masih oranye itu kan sudah jelas," katanya.

4. Pemkot Bandung menunggu persetujuan anggaran

Oded: Epidemiolog Minta Kota Bandung Tunda KBM Tatap Muka di 2021IDN Times/Humas Bandung

Sebelumnya, Oded mengatakan bahwa saat ini masih melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk memutuskan kebijakan sekolah tatap muka bagi siswa sekolah dasar (SD) dan menengah pertama (SMP) di Kota Bandung.

"Belajar tatap muka belum, rencana habis pembahasan anggaran pekan ini sudah ngobrol akan dilaksanakan berkoordinasi setelah besok anggaran disetujui," kata Oded, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga: FAGI Minta Pemprov Jabar Tak Buka Sekolah Tatap Muka Januari 2021

Baca Juga: 785 Sekolah Negeri di Jabar Siap Tatap Muka Januari 2021

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya