Niat Menuju Jakarta, 9 Penumpang Asal Bandung Ketahuan Reaktif Corona

Dinkes langsung minta penumpang melakukan PCR test

Bandung, IDN Times - Sembilan penumpang bus trayek Kota Bandung-Jakarta di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, dinyatakan reaktif virus corona (COVID-19). Hal itu diketahui berdasarkan tes yang dilakukan Dinkes Kota Bandung pada Sabtu (26/12/2020).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara menjelaskan, setelah diketahui reaktif, sembilan orang penumpang ini langsung diminta untuk melakukan PCR test.

"Tidak boleh berangkat, diberi pengantar untuk pemeriksaan lanjutan. Untuk Kota Bandung puskesmas dikontak," ujar Ahyani saat dihubungi, Minggu (27/12/2020).

1. Sebelumnya ada tujuh orang dinyatakan reaktif

Niat Menuju Jakarta, 9 Penumpang Asal Bandung Ketahuan Reaktif CoronaIDN Times/Debbie Sutrisno

Dihubungi terpisah, Kepala Terminal Leuwipanjang, Asep Hidayat mengatakan, dari awal pengetesan yang dilakukan oleh Terminal Leuwipanjang dan Dinkes Kota Bandung, hingga saat ini sudah mencapai 225 penumpang yang menjalani rapid tes.

"Hari ini pemeriksaan masih berlangsung. Sebelumnya ada tujuh dan hari ini ada tambahan dua reaktif, jadi total sudah ada sembilan penumpang yang reaktif," ujar Asep.

2. Penumpang tidak diizinkan melakukan perjalanan

Niat Menuju Jakarta, 9 Penumpang Asal Bandung Ketahuan Reaktif CoronaIDN Times/Debbie Sutrisno

Ia menjelaskan, penanganan dari penumpang yang sudah dinyatakan reaktif itu langsung pada Dinkes Bandung. Yang terang, kesembilan penumpang telah diminta untuk tidak meneruskan perjalanannya.

"Keberangkatan ditangguhkan dan dipulangkan. Petugas kesehatan berkoordinasi dengan puskesmas setempat sesuai alamat penumpang bersagkutan," jelasnya.

3. Target 70 orang penumpang di-rapid test di Terminal Leuwipanjang

Niat Menuju Jakarta, 9 Penumpang Asal Bandung Ketahuan Reaktif CoronaIDN Times/Debbie Sutrisno

Adapun sembilan orang yang dinyantakan reaktif itu, kata Asep, berasal dari sejumlah wilayah di Bandung Raya seperti: Soreang, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan ada dari Kota Bandung sendiri.

"Rapid tes akan berlangsung selama sepuluh hari ke depan dengan target 70 orang per hari," katanya.

4. Ada 700 alat rapid test siap digunakan untuk seluruh penumpang tujuan Bandung-DKI Jakarta

Niat Menuju Jakarta, 9 Penumpang Asal Bandung Ketahuan Reaktif CoronaIlustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Sebelumnya, Asep menyebutkan bahawa Terminal Leuwipanjang sudah menyiapkan 700 alat rapid test dari Pemerintah Kota Bandung. Alat itu dikhususkan untuk penumpang dari Bandung Raya menuju DKI Jakarta.

"Setiap calon penumpang wajib menggunakan masker, cuci tangan, cek suhu tubuh, dan menyiapkan petugas kesehatan dari Dinkes dengan ruang isolasinya," kata dia.

Baca Juga: Warga Bantaran Sungai Kena Banjir, Pemkot Bandung Akan Bangun Rusun

Baca Juga: Pemkot Bandung Larang Acara Tahun Baru, Pengusaha Hotel Mulai Cemas

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya