New Normal Dimulai, Ribuan Aparat Polri-TNI Siaga di 15 Wilayah Jabar

Polri-TNI akan didampingi tenaga kesehatan dan Satpol PP

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Barat akan menerjunkan 17 ribu personelnya untuk mengawal new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di 15 kabupaten/kota Jawa Barat. Adapun penerapan AKB akan dimulai pada Senin (1/6).

Polisi tidak akan sendiri mengawal AKB. Mereka nantinya akan dibantu oleh jajaran personel TNI dan unsur keamanan lainnya di masing-masing kota dan kabupaten yang menerapkan AKB.

1. Total ada 29 ribu personel dari Polri dan TNI

New Normal Dimulai, Ribuan Aparat Polri-TNI Siaga di 15 Wilayah JabarIlustrasi (Dok. Humas Polri)

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar, Komisaris Besar Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, ada kurang lebih 21 ribu aparat yang akan mengawasi jalannya AKB di daerah-daerah terpilih. Jumlah itu merupakan total anggota Polri dan TNI yang ditugaskan.

"Jadi untuk total Polri yang akan mengawal AKB ada 17 ribu, sedangkan dari TNI ada empat ribu personel," ujar Erlangga saat dihubungi, Minggu (31/5).

2. Polri dan TNI akan berjaga di tempat yang sudah ditetapkan Pemprov Jabar

New Normal Dimulai, Ribuan Aparat Polri-TNI Siaga di 15 Wilayah Jabar(Ilustrasi anggota polisi) Dok. Humas Polri

Erlangga menuturkan, selain ada pengawalan dari Polri dan TNI, tenaga kesehatan dan Satpol PP juga akan ikut mendampingi mereka. Untuk jumlah Satpol PP dan tenaga kesehatan yang akan mendampingi Polri dan TNI diperkirakan ada delapan ribu.

Sedangkan, pengawalan akan dilakukan sebagaimana aturan yang telah ditetapkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Dia mengatakan, pada tahap pertama tempat ibadah akan dibuka dan selanjutnya industri, perkantoran, dan mal.

3. Ada 15 wilayah yang akan terapkan AKB dan 12 wilayah perpanjang PSBB

New Normal Dimulai, Ribuan Aparat Polri-TNI Siaga di 15 Wilayah JabarIDN Times/Humas Bandung

Sebagaimana diketahui, Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah memutuskan 15 kabupaten/kota di Jabar akan menerapkan new normal atau AKB. Di samping itu, masih ada 12 kabupaten/kota di Jabar masuk dalam zona kuning dan kembali menerapkan PSBB.

Adapun 15 wilayah yang akan melakukan AKB yakni Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Sumedang, Tasikmalaya, Kota Banjar, Kota Cirebon, Kota Sukabumi, dan Kota Tasikmalaya

Sedangkan wilayah yang masuk dalam zona kuning dan diminta perpanjang PSBB yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Sukabumi, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi, dan Kota Depok.

Baca Juga: DPRD Jabar Menilai Ridwan Kamil Terburu-buru Umumkan New Normal

Baca Juga: Ini Daftar 15 Kabupaten/Kota di Jabar yang Terapkan New Normal

Baca Juga: Bodebek Dipastikan Tidak Ikut New Normal Pemprov Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya