Nelayan Jawa Barat Diminta Tak Melaut Hingga 20 Maret 2024

Pj Gubernur Bey minta masyarakat mengikuti imbauan BMKG

Bandung, IDN Times - Puluhan perahu milik nelayan rusak dan hilang di Pelabuhan Pantai Rancabuaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Peristiwa ini terjadi karena cuaca ekstrem yang menimbulkan ombak pasang pada Selasa (12/3/2024).

Guna meminimalisir terjadinya peristiwa serupa, Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin meminta agar para nelayan tidak melakukan pekerjaanya hingga pertengahan bulan, sesuai dengan imbauan BMKG.

"Nelayan belum boleh, jadi disarankan oleh BMKG itu sampai tanggal 20 Maret. Itu disarankan tidak untuk melaut. Terpenting memang keselamatan warga yang utama, nanti baru kita lihat lagi sudah aman untuk melaut atau belum," ujar Bey, Sabtu (14/3/2024).

1. Pemprov Jabar tengah memikirkan pemberian bantuan

Nelayan Jawa Barat Diminta Tak Melaut Hingga 20 Maret 2024(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bey turut memikirkan bantuan sosial pada para nelayan yang terdampak di Rancabuaya itu. Sebab, jika para nelayan tidak melaut artinya mata pencarian hilang. Oleh sebab itu, ia masih memikirkan sumber bantuan akan diambil dari pos anggaran mana.

"Bantuan kepada nelayan kita lagi memikirkan skemanya gimana, apakah bisa melalui belanja tidak terduga (BTT), karena untuk memperbaiki kapal yang rusak," katanya.

2. BPBD Jawa Barat akan bangun dapur umum untuk nelayan terdampak

Nelayan Jawa Barat Diminta Tak Melaut Hingga 20 Maret 2024Debbie Sutrisno/IDN Times

Untuk sementara ini Bey memastikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat memberikan bantuan pangan terhadap para nelayan yang perahunya terdampak gelombang pasang. Mengingat peristiwa ini berdampak langsung pada mata pencarian masyarakat.

"Yang pasti kami memikirkan, tadi saya minta siapkan dapur umum di lokasi ini karena mereka kehilangan pendapatan sampai hari ini," tuturnya.

3. Peristiwa serupa terjadi di beberapa pantai lain di Garut

Nelayan Jawa Barat Diminta Tak Melaut Hingga 20 Maret 2024Inin Nastain IDN Times/ Pj Gubenur Bey Machmudin

Selain di Pantai Rancabuaya, peristiwa serupa juga terjadi di Pantai Pelabuhan Cimari Muara, dan beberapa pantai lainnya di Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut. Sehingga, dia mengimbau agar para nelayan tidak nekat melaut dalam kondisi cuaca ekstrem.

"Peristiwa ini tidak hanya di Rancabuaya, saya mengimbau agar para nelayan khususnya yang terdampak dan umumnya Jawa Barat, ikuti arahan dari BMKG," kata dia.

Baca Juga: Bey Akui Jumlah Penumpang Harian di BIJB Kertajati Masih Rendah

Baca Juga: Bey Ungkap Biang Keladi Langkanya Beras Premium di Swalayan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya