Natal dan Tahun Baru 2020, Terminal Cicaheum Hanya Siapkan 170 Armada

Banyak penumpang beralih hingga tak lagi pakai bus

Bandung, IDN Times - Tahun baru 2020 dan natal 2019 diprediksi bakal mengalami penurunan penumpang bus. Menanggapi hal itu, Kepala Terminal Cicaheum Kota Bandung Roni Hermanto mengaku bakal ada pengurangan armada di Terminal Cicaheum.

Pengurangan penumpang tersebut, kata Roni, salah satunya disebabkan oleh banyaknya penumpang moda transportasi bus yang beralih ke moda transportasi umum lain.

"Kita tidak akan menambah banyak armada, pada perayaan Natal dan Tahun Baru ini tidak akan ada lonjakan signifikan dan juga cenderung akan menurun dalam jumlah penumpangnya," ujar Roni saat dihubungi, Sabtu (23/11).

1. Tahun baru 2020 diyakini banyak yang memilih naik kreta

Natal dan Tahun Baru 2020, Terminal Cicaheum Hanya Siapkan 170 ArmadaIDN Times/Debbie Sutrisno

Roni mengatakan, penumpang natal dan tahun baru 2020 akan banyak beralih menggunakan kereta api dan kendaraan pribadi. Sehingga dipastikan akan ada penurunan penumpang di Terminal Cicaheum.

"Jadi penumpang akan ada penurunan dibanding tahun kemarin, karena beberapa faktor. Para penumpang transportasi darat ini banyak yang berpindah ke angkutan kereta api," kata dia.

2. Tetap siapkan 170 armada meski akan ada penurunan penumpang

Natal dan Tahun Baru 2020, Terminal Cicaheum Hanya Siapkan 170 ArmadaANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Roni menambahkan, infrastruktur antarkota dan provinsi semakin tahun semakin membaik sehingga membuat masyarakat cenderung liburan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Meski begitu, Terminal Cicaheum tetap akan mempersiapkan 170 armada dengan tujuan ke Jawa Tengah hingga Jawa Timur untuk penumpang.

"Untuk tahun baru cenderung tidak akan ada lonjakan signifikan karena justru banyak orang yang mengisi hari libur tahun baru itu di pusat kota," katanya.

3. Masyarakat jangan ragu naik armada bus Cicaheum

Natal dan Tahun Baru 2020, Terminal Cicaheum Hanya Siapkan 170 ArmadaANTARA FOTO/Novrian Arbi

Roni mengatakan masyarakat yang hendak berpergian dalam momentum natal dan tahun baru 2020 tak perlu ragu dalam menggunakan bus yang tersedia di Terminal Cicaheum. Dia memastikan bahwa bus-bus yang berada di terminalnya memiliki kondisi prima.

"Kami berada di bawah Dinas Perhubungan (Dishub). Jadi nanti kami akan mengecek kendaraan untuk menguji kelayakan jalan bus yang akan digunakan untuk Operasi Natal dan Tahun Baru," kata dia.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya