Musim Kemarau di Jabar Diprediksi Terjadi Antara April dan Mei

Saat ini wilayah Jabar masuk siklus pancaroba

Bandung, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi musim kemarau di Jawa Barat bakal terjadi di antara April dan Mei 2024. Untuk bulan ini sendiri telah masuk siklus perali peralihan musim atau pancaroba.

"Saat ini sebagian wilayah Jawa Barat memasuki masa peralihan atau pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau," ujar Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung BMKG, Teguh Rahayu, Kamis (18/4/2024).

1. Bandung Raya diprediksi awal Juni 2024

Musim Kemarau di Jabar Diprediksi Terjadi Antara April dan Meipexels/BrettSayles

Teguh mengungkapkan, untuk musim kemarau di wilayah Jawa Barat diprediksi terjadi pada bulan April dan Mei. Hal itu berlaku untuk wilayah Jawa Barat bagian utara seperti di Bekasi, Karawang, Subang, Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.

Sedangkan untuk wilayah Bandung Raya berpotensi mengalami kondisi kemarau yang berbeda dengan wilayah lainnya.

"Awal musim kemarau di wilayah Bandung Raya diprediksi terjadi pada awal Juni 2024," katanya.

2. Bandung Raya kini masuk musim pancaroba

Musim Kemarau di Jabar Diprediksi Terjadi Antara April dan MeiMegapolitan- Okezone. com

Teguh menerangkan, pada bulan Maret 2024 sejumlah 10 persen wilayah Jawa Barat mengalami curah hujan kategori rendah. Sementara 70 persen lainnya mengalami curah hujan kategori menengah. Adapun 20 persen sisanya mengalami curah hujan kategori tinggi hingga sangat tinggi.

"Saat ini pekan kedua April 2024 seluruh Wilayah Bandung Raya memasuki masa peralihan atau pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau," kata dia.

3. Masyarakat diminta tetap waspada

Musim Kemarau di Jabar Diprediksi Terjadi Antara April dan MeiIlustrasi alat berat BNPB untuk bencana hidrometeorologi (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/rwa)

Teguh mengatakan masa peralihan dengan mulai masuknya angin timuran atau Monsun Australia dan mulai berkurangnya pertumbuhan awan-awan hujan. Sehingga suhu di siang hari panas dan angin bertiup cukup kencang.

Menurutnya, curah hujan bulan April 2024 diperkirakan pada umumnya berada pada kategori rendah di bawah 100 mm, menengah 100-300 mm hingga tinggi 300-500 mm. Dengan sifat hujan dalam kategori normal. Dia juga mengimbau masyarakat agar waspada terhadap cuaca ekstrem dan potensi bencana yang dapat terjadi.

Baca Juga: MUI Jabar Soal Pungli Masjid Al Jabbar: Merusak Citra Masjid 

Baca Juga: Partai Politik di Jabar Mulai Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya