MUI Jabar Kritik Imam Salat Tarawih Live TikTok

Salat tarawih harus fokus tidak bisa sembari live TikTok

Bandung, IDN Times - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat (Jabar) mengkritik kegiatan salat tarawih melangsungkan kegiatan TikTok. MUI Jabar menilai salat ini seharusnya khusyuk dan niatannya harus benar.

Sekretaris MUI Jabar, Rafani Achyar mengatakan, cara salat dengan melangsungkan live TikTok itu dikahawatirkan dapat menggangu kekhusyukan saat melangsungkan ibadah.

"Solat ini kan komunikasi langsung dengan Allah. Jadi kalau di live streaming kan seperti itu kahawatir akan merubah motivasi atau niat bahkan mengurangi ke khusyuk an pada saat solat itu sendiri," ujar Rafani saat dikonfirmasi, Senin (27/3/2023).

1. Live TikTok bisa goyang niat salat

MUI Jabar Kritik Imam Salat Tarawih Live TikTokIDN Times/Galih Persiana

Saat melangsungkan solat apalagi tarawih, kata dia, Imam benar-benar khusyuk. Sehingga, jika dibarengi dengan live TikTok niat dari salat pun nantinya bisa berubah, bukan lagi hanya untuk allah semata, melainkan untuk live.

"Jadi motivasi atau nawaitunya (niat) itu untuk apa, apalagi ini kan sedang solat," ucapnya. 

2. MUI belum ada fatwa soal larangan live TikTok saat salat tarawih

MUI Jabar Kritik Imam Salat Tarawih Live TikTokLogo Majelis Ulama Indonesia (MUI) (IDN Times/Mui.or.id)

Meski begitu, Rafani menambahkan, MUI Jabar sampai saat inibelum mengeluarkan tafsiran atau fatwa yang mengatur terkait penggunaan live streaming saat sedang melangsungkan ibadah khusunya solat.

"Kita belum ada fatwanya seperti apa, itu harus melalui kajian dulu supaya nanti pendapat yang disampaikannya itu tepat dan konverhensif," kata dia.

3. Salat tarawih live TikTok masih menjadi pro dan kontra

MUI Jabar Kritik Imam Salat Tarawih Live TikTokIlustrasi salat tarawih (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Untuk diketahui, saat ini banyak imam yang melangsungkan ibadah salat tarawih di live TikTok. Mereka juga mendapatkan beberapa keuntungan atau gift dari masyarakat yang nantinya bisa di uangkan secara langsung bukan lagi digital.

Salah satu yang tengah viral ini yang diunggah oleh akun Tiktok @thorong_ke*** yang menunjukan salah seorang imam melakukan live streaming saat tarawih. Dari sini ramai masyarakat memperdebatkan soal imam live TikTok.

Baca Juga: Tuai Hujatan, Ini Klarifikasi Lala Soal Kontroversi Live TikTok Cipung

Baca Juga: IDN Live Hadirkan Konten Video Live Streaming dengan Audiens Loyal

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya