Monumen Bung Karno Senilai Rp15 Miliar Mulai Dibangun di Bandung 

Pembangunan bertempat di GOR Saparua Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Monumen Plaza Bung Karno mulai dibangun di GOR Saparua, Kota Bandung. Dalam Monumen ini nantinya akan ada patung Bung Karno setinggi 22,3 meter, dengan biaya pengerjaan mencapai Rp15 miliar.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias Emil mengatakan, pendirianMonumen Plaza Bung Karno merupakan aspirasi masyarakat. Adapun koordinator pembangunan nantinya dilaksanakan oleh Yayasan Putera Nasional Indonesia.

"Pembiayaannya pun datang dari masyarakat, total pembiayaannya Rp 15 miliar hasil gotong royong masyarakat dan pengusaha yang mencintai Bung Karno dan tentu kami fasilitasi," ujar Emil usai peletakan batu pertama Monumen Plaza Bung Karno di GOR Saparua, Bandung, Rabu (28/6/2023).

1. Saparua dipilih karena memiliki jalan bernama daerah di Indonesia

Monumen Bung Karno Senilai Rp15 Miliar Mulai Dibangun di Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ada beberapa alasan mengapa Monumen Bung Karno ditempatkan di GOR Saparua. Emil mengatakan, wilayah tersebut dikelilingi oleh sejumlah nama pulau di Indonesia dan melambangkan keindonesiaan.

"Kenapa tempatnya di sini? Karena di sini kawasan Nusantaranya Jabar," ucapnya.

2. Tiga sampai empat bulan ke depan pembangunan akan selesai

Monumen Bung Karno Senilai Rp15 Miliar Mulai Dibangun di Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Monumen Plaza Bung Karno ditargetkan bakal selesai dalam tiga atau empat bulan ke depan. Emil berharap, nantinya saat peresmian Megawati Soekarnoputri turut hadir dan menjadi saksi berdirinya Monumen Bung Karno di Kota Bandung.

"Mudah-mudahan dalam tiga atau empat bulan bakal selesai, hari ini diwakili oleh Pak Hasto, mungkin nanti pada saat peresmian mewakili keluarga langsung Bu Mega bisa berkenan hadir," kata dia.

3. Hasto dipilih menjadi penasihat pembangunan

Monumen Bung Karno Senilai Rp15 Miliar Mulai Dibangun di Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Di tempat yang sama, Penasihat Pembangunan Monumen Plaza Bung Karno, Hasto Kristiyanto mengatakan, tempat pembangunan monumen sangat tepat karena tak begitu jauh dari Museum Asia Afrika yang merupakan tempat melawan kolonialisme dan imperialisme.

Dia berharap, pembangunan ini dapat menggelorakan jiwa Bung Karno di Kota Bandung. Mengingat, Bung Karno banyak menciptakan gagasan besar di wilayah Bandung.

"Bandung sebagai tempat kontemplasi bagi seluruh pemikiran ideologis Bung Karno dapat bergelora kembali khususnya bagi anak muda membangun kemajuan Indonesia Raya, untuk Indonesia dan dunia," kata dia.

Baca Juga: Politikus PDIP Ajak Masyarakat Teladani Bung Karno

Baca Juga: Disebut Bacawapres Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil Tersenyum Manis

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya