Mitigasi Bencana Lemah, Ridwan Kamil Akan Kumpulkan Kepala Daerah! 

Kepala daerah dikumpulkan di Bogor-Depok pada akhir bulan

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil akan mengumpulkan kepala daerah untuk membahas proses mitigasi kebencanan. Rencana itu akan digelar pada akhir bulan November di Bogor dan Depok.

Hal ini dilakukan Emil merespons banyaknya masyarakat yang menjadi korban dari lemahnya proses mitigasi kebencanan di kabupaten dan kota di Jabar.

"Seluruh wali kota dan bupati akan kami kumpulan di Bogor dan Depok salah satunya bahas evaluasi respon terhadap kebencanan," ujar Emil usai apel siaga bencana, Selasa (23/11/2021).

1. Pemprov Jabar akan turut mengkoordinasikan alokasi anggaran mitigasi kebencanan

Mitigasi Bencana Lemah, Ridwan Kamil Akan Kumpulkan Kepala Daerah! Apel kebencanan Jabar (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar sudah memiliki cetak biru untuk mitigasi kebencanan. Emil bilang, jika hal itu belum maksimal maka akan segera dikoordinasikan kembali dengan seluruh kepala daerah di Jabar.

"Jabar provinsi tangguh bencana dalam hal ini terkandung pelatihan mitigasi kebencanan dan anggaran, prosentasenya nanti kami atur untuk edukasi dan lain-lain. Kalaupun ada kekurangan jadi evaluasi tanggal 30 November ini," ungkapnya.

2. Peralatan kebencanan sudah disiapkan BPBD Jabar

Mitigasi Bencana Lemah, Ridwan Kamil Akan Kumpulkan Kepala Daerah! Apel kebencanan Jabar (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Saat ini persiapan untuk mitigasi kebencanan dari Jabar terus diperkuat. Emil mengatakan, peralatan untuk kebencanaan juga telah diperbarui dan ditambah oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar.

"Kamil sudah siap tolong warga dengan peralatan lengkap dan paling penting tindakan preventif, terutama longsor yang korban jiwa bisa lebih dari banjir," katanya.

3. Babanisa dan Bhabinkamtibmas diminta ikut ingatkan masyarakat di wilayah DAS

Mitigasi Bencana Lemah, Ridwan Kamil Akan Kumpulkan Kepala Daerah! Apel kebencanan Jabar (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Kondisi bencana alam di Jabar dari awal bulan November 2021 banyak terjadi, mulai dari longsor di Dago, Kota Bandung. Longsor di Kamojang, Kabupaten Garut, dan banjir bandang di Kota Cimahi. Meski begitu, Emil bilang untuk urusan bencana banjir masih bisa dikendalikan dibanding longsor.

"Banjir relatif terkendali, dan longsor ini kan langsung menyergap, Babanisa, dan Bhabinkamtibmas bisa langsung mengingatkan masyarakat terutama di perumahan warga yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS)," kata dia.

Baca Juga: Banjir Besar di Kota Cimahi, Delman dan Pemotor Terseret Arus Air

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Pemkot Bandung Waspada Terhadap Longsor Dago

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya