Minim Peralatan, Bandung Belum Bisa Terapkan e-Tilang seperti Jakarta 

Kebijakan e-Tilang masih jauh untuk diterapkan di Bandung

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung sepertinya belum bisa menerapkan kebijakan tilang elektronik (e-tilang) seperti yang sudah dilakukan Pemerintah DKI Jakarta dan Kota Surabaya. Selain belum ada perbincangan dengan instansi terkait soal kebijakan tersebut, minimnya peralatan untuk menerapkan e-tilang pun belum tersedia.

Sehingga, wacana penerapan pelanggaran lalu lintas berbasis elektronik alias e-Tilang di Kota Bandung masih jauh dari harapan.

Baca Juga: Hancur Ditangan Polda Jabar, Pengikut Kekaisaran Sunda Empire Tobat!  

1. Pembahasan e-Tilang di Bandung belum dibicarakan lintas instansi

Minim Peralatan, Bandung Belum Bisa Terapkan e-Tilang seperti Jakarta Ilustrasi tilang. IDN Times/Mia Amalia

Kepala Seksi Manajemen Perangkat Keras Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Furqon Hanafi mengatakan, saat ini pembahasan dengan instansi terkait soal e-Tilang belum ada. Menurutnya, e-Tilang memerlukan peralatan canggih dan memadai.

"Harus disediakan CCTV yang bisa membaca nomor kendaraan dan secara sistem juga dibutuhkan server untuk menyimpan data yang masif," ujar Furqon saat ditemui di Balaikota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa (11/2).

Baca Juga: Sunda Empire Sering Disebut 'Halu', Ini 7 Faktor Medis di Baliknya

2. Bandung belum punya alat canggih untuk e-Tilang

Minim Peralatan, Bandung Belum Bisa Terapkan e-Tilang seperti Jakarta Ilustrasi tilang. IDN Times/Mia Amalia

Furqon menuturkan, meski membutuhkan peralatan yang memadai, Pemkot Bandung bersedia turut mengembangkan sistem e-Tilang yang saat ini sudah mulai diberlakukan di DKI Jakarta.

"Sistem bisa kita kembangkan, namun selama ini ya belum (dikembangkan) karena belum ada pembicaraan teknis terkait hal itu. Kalau kebijakan sudah ada ya harus siap," ungkapnya.

Baca Juga: Hari ke-4 Tilang Elektronik, 157 Pengendara Motor Terjaring 

3. Jumlah CCTV masih untuk e-Tilang belum memadai

Minim Peralatan, Bandung Belum Bisa Terapkan e-Tilang seperti Jakarta Ilustrasi tilang. IDN Times/Mia Amalia

Furqon menambahkan jika e-Tilang diterapkan di Kota Bandung, sebaiknya sejumlah CCTV sudah dipasang di beberapa titik. Sebab, kata dia, wilayah Kota Bandung masih belum banyak terpasang CCTV yang memadai.

"Kalau e-Tilang menurut saya harus di lihat dulu di lokasi-lokasi yang rawan, kalau total pasti dari sisi jumlahnya kurang. Kalaupun mau dilakukan harus ada prioritas," kata dia.

Baca Juga: E-Tilang Surabaya, Bisa Rekam Kendaraan Berkecepatan 400 Km/Jam

4. Surabaya dan DKI Jakarta sudah berlakukan e-Tilang

Minim Peralatan, Bandung Belum Bisa Terapkan e-Tilang seperti Jakarta instagram.com/suparta.arz

Untuk diketahui, saat ini beberapa daerah seperti DKI Jakarta dan Surabaya sudah mulai memberlakukan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau e-Tilang. Nantinya e-Tilang akan terkoneksi langsung dengan data kependudukan.

Kemudian, kedepan akan jarang ditemui polisi di jalan untuk melakukan penindakan tegas atau tilang kepada pelanggar. Karena memang telah dipantau CCTV yang bisa membaca wajah pelanggar lantas.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya