Menteri Nadiem Resmikan Sekolah Jurnalisme Indonesia di Bandung 

Nadiem ibaratkan jurnalis seperti guru

Bandung, IDN Times - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim meresmikan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) kelas muda angkatan 1 di Kantor PWI Jawa Barat, Jalan Wartawan, Kota Bandung, Selasa (6/1/2024).

SJI sendiri merupakan program yang dibuat  PWI pusat untuk meningkatkan kompetensi dan wawasan jurnalis dengan sesuai perkembangan zaman. Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun mengatakan, sekolah bagi jurnalis ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu

"SJI adalah ikon PWI, pertama sekali digelar pada 2010 di Palembang kuliah perdana di isi oleh SBY. Kami melatih dari awal filosofi jurnalistik dan praktik. Sekarang lebih ke multitasking disamping kode etik dan wawasan kebangsaan," ujar Hendry saat sambutan.

1. PWI berharap lulusan bisa berfikir kritis dan multitasking

Menteri Nadiem Resmikan Sekolah Jurnalisme Indonesia di Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara, Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin yang turut hadir dalam kegiatan ini mengatakan, dirinya sangat menyambut baik gelaran SJI di Kota Bandung. Menurutnya, sekolah bagi jurnalis penting dilakukan untuk mencetak jurnalis andal.

"Kami sambut baik dengan kurikulum yang diajarkan, karena kita tahu semakin ke sini semakin sulit mencari para jurnalis, kita berharap setelah kelas ini melahirkan jurnalis multitasking dan kritis. Kami berharap melahirkan penulis berkualitas," katanya.

2. Nadiem membuka langsung program SJI

Menteri Nadiem Resmikan Sekolah Jurnalisme Indonesia di Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara, Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan, dunia jurnalis sangat dekat dengan dirinya. Sebab, dia sendiri besar dari keluarga jurnalis. Sehingga, Nadiem sangat mendukung adanya kegiatan ini.

"Keluarga saya jurnalis, ayah saya pendiri jurnalis Harian Kamii sebelum ada Tempo ada Harian Kami. Itu kritis semua aspek. Ibu saya juga pada tinggal di Komplek PWI saya dibesarkan di dalam keluarga jurnalis, satu hal yang penting kita mendukung rencana PWI program Sekolah Jurnalis Indonesia," kata Nadiem.

3. Nadiem berharap lulusan bisa turut mendidik masyarakat

Menteri Nadiem Resmikan Sekolah Jurnalisme Indonesia di Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Nadiem berharap, para jurnalis lulusan SJI ini bisa lebih kritis dan bisa berkembang mengikuti zaman. Sekolah Jurnalis Indonesia dikatakannya, turut mendukung semangat Kurikulum Merdeka Belajar yang telah digaungkannya.

"Jurnalis harus menjadi pendidik masyarakat, jangan cuma jadi pekerja publikasi. Tapi misi jurnalis mendidik masyarakat. Jurnalis sama seperti guru bahkan dampaknya bisa lebih besar lagi," kata dia.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini total ada 40-an siswa-siswi dari kalangan jurnalis di tingkat Jawa Barat. Mereka akan mengikuti proses pembelajaran selama lima hari 6-10 Februari 2024. Kegiatan peresmian juga dibarengi dengan tanda tangan nota kesepahaman dari beberapa universitas di Kota Bandung.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya