Menteri Hadi Tjahjanto: Banyak Aset KAI Belum Tersertifikasi! 

Kementerian ATR/BPN bakal bantu sertifikasi aset KAI

Garut, IDN Times - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto turut hadir dalam peresmian Kereta Api (KA) Papandayan Ekspres dan KA Pangandaran di Garut, Rabu (24/1/2024).

Dalam kegiatan itu, Hadi mengatakan, wilayah atau aset khususnya pertanahan dan tata ruang milik PT Kereta Api Indonesia banyak yang belum memiliki dokumen bukti otentik kepemilikan atau sertifikat.

"Masih banyak wilayah-wilayah KAI yang masih belum disertifikasi. Kementrian akan turut membantu," ujar Hadi.

1. Tata ruang objek wisata juga penting dilakukan

Menteri Hadi Tjahjanto: Banyak Aset KAI Belum Tersertifikasi! Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Selanjutnya, Hadi meminta kepala daerah di wilayah yang berkaitan dengan kereta api untuk segera memproses pengusulan untuk sertifikasi. Selain itu, kata dia, perencanaan tata ruang wilayah juga harus diperhatikan.

"Tempat wisata mana yang harus diselesaikan tata ruangnya, wilayah pantai dan sekitarnya. Akan atur tata ruang di situ, sehingga fungsi wilayah itu tidak boleh untuk fungsi lain kecuali untuk pariwisata," kata dia.

2. Wilayah kebencanaan juga harus diatur

Menteri Hadi Tjahjanto: Banyak Aset KAI Belum Tersertifikasi! Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto serahkan sertifikat ke warga Gunungkidul.(Dok.Diskominfo Gunungkidul)

Lebih lanjut, Hadi mengungkapkan, Kementerian ATR/BPN juga akan membantu mengurus semua persoalan tata ruang untuk mitigasi kebencanaan dan wilayah industri. Menurutnya hal itu penting diperhatikan agar bisa dilirik para pemilik modal.

"Terkait pariwisata, mitigasi gempa, wilayah Industri, dengan perkotaan, akan kami bantu selesaikan. Tata ruang selesai investor akan datang. Tata ruang sudah online dengan BKPM," katanya.

3. Hadi merasakan langsung KA Papandayan

Menteri Hadi Tjahjanto: Banyak Aset KAI Belum Tersertifikasi! Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Thajanto (IDN Times/Aris Darussalam)

Sementara itu mengenai pengoperasian KA Papandayan Ekspres dan KA Pangandaran, Hadi mengatakan, ia sangat mendukung konektivitas antardaerah menggunakan kereta api. Dia memastikan menggunakan kereta untuk berwisata telah memberikan kenyamanan.

"Kereta Api Papandayan dan Pangandaran tujuannya bagus meningkatkan pariwisata, saya menjajal dan nyaman, tidak ribet, tidak mumet, tepat waktu. Kami siap dukung tata ruang di Garut dan Banjar," katanya.

Dalam kegiatan ini turut hadir Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Didiek Hartantyo Pj Bupati Garut, dan Wali Kota Banjar. Terdapat juga beberapa perwakilan dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga: TPD Jabar Cari 3 Korban Pengeroyokan saat Kampanye di Bandung

Baca Juga: 7 Gedung Milik Pemprov Jabar Bisa Dipakai Kampanye Pemilu 2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya