Mayors Retreat U20: Akan Ada Kerja Sama Antara Jabar dan Afrika

Afrika akan kolaborasi dalam beberapa sektor dengan Jabar

Bandung, IDN Times - Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja menyebutkan bahwa akan ada kolaborasi bersama Afrika dalam beberapa bidang. Hal itu disampaikan dalam Mayors Retreat U20 di Kota Bogor, Kamis (1/9/2022).

Menurutnya, saat ini dunia menghadapi tiga disrupsi yaitu pandemi COVID-19, kemajuan 4.0 dan pemanasan global. Ketiga hal itu harus dihadapi dengan berkolaborasi untuk mengatasi tantangan zaman.

"Kita harus lanjutkan kolaborasi yang telah dilakukan selama U20 berlangsung, khususnya selama kebersamaan pada hari terakhir kegiatan. Dan tadi dari Afrika sudah mengisyaratkan akan ada kolaborasi nyata ke depannya," ucap Setiawan melalui keterangan resmi, Sabtu (3/9/2022).

1. Sekda Jabar sampaikan terima kasih pada delegasi U20

Mayors Retreat U20: Akan Ada Kerja Sama Antara Jabar dan AfrikaSekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja dalam Mayors Retreat U20 (Humas/Pemprov Jabar)

Kemudian, Setiawan mengungkapkan, meski rangkaian U20 berakhir, namun bukan berarti jadi akhir jalinan para wali kota negara-negara G20. Melalui Mayors Retreat U20 diharapkan kerja sama dan kolaborasi terus terjalin.

"Saya mengapresiasi dan juga terima kasih pada tim kami yang telah bekerja keras mulai dari persiapan sehingga bisa terlaksana sukses penuh antusias selama penyelenggaraan," katanya.

2. Mayors Retreat U20 ajak delegasi mengenal berbagai budaya di Jabar

Mayors Retreat U20: Akan Ada Kerja Sama Antara Jabar dan AfrikaANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Dalam kegiatan Mayors Retreat U20 di Kota Bogor, Wali Kota Bima Arya turut mengajak delegasi berkeliling Gedung 1908, kemudian menyaksikan kesenian Singa Depok dengan alunan alat musik Sunda.

Tak hanya itu, para delegasi terhibur dengan atraksi kaulinan yang dilakoni anak-anak kecil yang menggemaskan bermain aneka kaulinan barudak Jabar dulu kala seperti ucing sumput, dodorongan pelepah pohon palem, momobilan, dan sasarungan orang sunat.

3. Delegasi U20 senang dengan berbagai kegiatan di Bogor

Mayors Retreat U20: Akan Ada Kerja Sama Antara Jabar dan AfrikaKegiatan Mayors Retreat U20 di Kota Bogor (Humas/Pemprov Jabar)

Tak hanya jadi penonton, beberapa delegasi tak menolak ketika mereka diajak bermain bakiak berkelompok. Bima Arya turut mengikuti perlombaan tradisional tersebut.

"That was fun for me, great," ucap salah seorang delegasi. "Yeah good," timpal yang lainnya.

Setelah diajak berinteraksi dengan berbagai kaulinan, para delegasi menyaksikan pertunjukan wayang golek berbahasa Inggris dengan dalang Atep AS Hudaya dari Giri Komara.

Baca Juga: Anies Tekankan 3 Kerja Sama Penting Pascapandemik di Forum U20

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah U20, Anies Beberkan Komitmen Jakarta Pascapandemik

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya