Masuk Radar Partai, Berikut Daftar Nama Bakal Calon Pilgub Jabar 2024 

Ada nama Ridwan Kamil, Giring hingga Desy Ratnasari

Bandung, IDN Times - Tahapan pendaftaran bakal calon Pilgub Jawa Barat dari unsur partai politik mulai dibuka pada Agustus 2024. Sejumlah partai politik kini mulai melakukan ancang-ancang untuk mendorong kadernya bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu di Jawa Barat.

Beberapa nama tokoh yang akan diusung dari partai politik pun mulai bermunculan. Adapun dalam Pilgub Jawa Barat 2024 ini tidak ada partai politik yang bisa mengusung sendiri calon gubernur dan wakilnya. Hal itu disebabkan jumlah kursi yang belum memenuhi.

Berdasarkan hasil Pileg 2024, jumlah kursi di DPRD Jawa Barat yaitu: Partai Gerindra 20 kursi, PKS 19 kursi, Partai Golkar 19, PDI Perjuangan 17, PKB 15, Partai Demokrat 8, Partai NasDem 8, PAN 7, PPP 6, PSI 1 kursi.

1. Dedi Mulyadi dari Partai Gerindra

Masuk Radar Partai, Berikut Daftar Nama Bakal Calon Pilgub Jabar 2024 Dedi Mulyadi (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Partai Gerindra Jawa Barat memastikan ada beberapa nama yang masuk dalam radar untuk Pilgub Jawa Barat. Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Barat Ihsanudin. Dia mengatakan, ada beberapa nama yang nantinya berpotensi maju di Pilgub Jawa Barat 2024.

"Nah kalau kemarin kan kita mendengar ada nama-nama seperti Iwan Bule (Komjen. Pol. (Pur) Mochamad Iriawan), Taufik Hidayat Ketua DPRD kemudian Demul (Dedi Mulyadi)," ujar Ihsan saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu (17/4/2024).

Meski begitu, Dedi Mulyadi mengakui belum mendapatkan perintah untuk maju dalam kontestasi Pilgub Jawa Barat 2024. Partai Gerindra dipastikan belum memberikan tugas dirinya untuk maju memperebutkan kursi orang nomor satu di Jawa Barat itu.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Dedi setelah menghadiri Halal Bihalal di Universitas Muhammadiyah Bandung, Rabu (24/4/2024). Dia memastikan masih menunggu keputusan daei Partai Gerindra.

"Kami masih menunggu nanti putusan dari Gerindra," ujar Dedi.

Partai Gerindra sendiri disebut oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto telan memberinya tiket pada Ridwan Kamil untuk Pilgub Jawa Barat 2024. Meski begitu, Dedi memastikan akan berpegang penuh pada keputusan partai.

"DPP gerindra sampai hari ini belum memutuskan urusan pemilihan kepala daerah. Nanti bulan Mei dilakukannya (penentuan cagub Jabar di Gerindra)," katanya.

2. Ridwan Kamil dari Partai Golkar

Masuk Radar Partai, Berikut Daftar Nama Bakal Calon Pilgub Jabar 2024 fakta Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil (instagram.com/ataliapr)

Sementara, Partai Golkar sendiri untuk Pilgub Jawa Barat masih menginginkan agar Ridwan Kamil maju kembali ke Pilgub Jabar. Meskipun suami Atalia Praratya kini mengantongi dua tiket salah satunya untuk Pilkada Daerah Khsus (DK) Jakarta.

Keinginan agar Ridwan Kamil maju di Pilgub Jabar disampaikan langsung Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat, Tubagus Ace Hasan Syadzily. Dia mengatakan, dorongan ini sudah sejalan dengan surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh Partai Golkar pusat agar Ridwan Kamil turt maju di Pilgub Jawa Barat periode kedua.

"Jadi tentu kami selagi belum ada perubahan dari DPP, hingga saat ini masih konsisten mendorong Pak Ridwan Kamil untuk menjadi calon gubernur dari Partai Golkar dalam pilkada di Jawa Barat," ujar Ace, Kamis (7/3/2024).

Selain mendapatkan surat untuk maju Pilgub Jawa Barat, Ace tidak menampik, mantan Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 itu juga diberikan tiket untuk maju Pilgub DKI Jakarta. Hanya saja, ia menilai Ridwan Kamil lebaih baik di Jawa Barat.

"Ya memang Pak Emil mendapatkan penugasan di dua provinsi, yaitu provinsi Jawa Barat dan provinsi DKI Jakarta. Tapi saya secara personal telah bicara kepada Pak Emil, bahwa lebih baik Pak Emil di Provinsi Jawa Barat," katanya.

3. Mohammad Idris dari PKS

Masuk Radar Partai, Berikut Daftar Nama Bakal Calon Pilgub Jabar 2024 Wali Kota Depok, Mohammad Idris usai mengikuti kegiatan di Alun-Alun Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Kemudian, Ketua DPW PKS Jabar, Haru Suwandharu mengatakan, partainya kiniasih melakukan penjaringan bakal calon gubernur dan wakilnya untuk Pilgub 2024. Meski begitu, dia tidak menampik nama Wali Kota Depok, Mohammad Idris masuk dalam radar.

"Intinya kami sedang penjaringan sekarang, posisinya sudah dapat nama-nama, (Idris) salah satu yang kita pertimbangkan,” kata Haru, dikutip Sabtu (27/4/2024).

Haru memastikan, jika sudah ada beberapa nama yang ditentukan hasil penjaringan, nantinya akan ada satu nama yang akan diusung dalam Pilgub Jabar, berdasarkan keputusan pengurus pusat.

"Insyaallah kami akan bertemu dengan DPP, nanti kami tunggu keputusannya," katanya.

4. Desy Ratnasari dan Bima Arya dari PAN

Masuk Radar Partai, Berikut Daftar Nama Bakal Calon Pilgub Jabar 2024 Wali Kota Bogor ke-16 Bima Arya Sugiarto (Dok. kotabogor.go.id)

PAN sendiri enggan ketinggalan, Sekretaris Wilayah DPW PAN Jawa Barat, Hasbullah Rahmat menyatakan ada dua kader yang berpotensi akan didorong maju di Pilgub Jawa Barat.

"Kami (PAN Jabar) miliki dua sosok populer dan kredibel, yakni Desy Ratnasari dan Bima Arya. Kami berharap salah satu dari dua kader terbaik ini bisa benar-benar menjadi gubernur atau wakil gubernur 2024 yang diambil calon atau partai koalisi," katanya, Senin (29/4/2024).

5. Giring PSI dan Farhan Nasdem

Masuk Radar Partai, Berikut Daftar Nama Bakal Calon Pilgub Jabar 2024 (Instagram.com/giring)

Nama Giring Ganesha Djumaryo belakangan santer disebut bakal diusung maju dalam Pilgub Jawa Barat. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua DPW PSI Jawa Barat Marshall Chandra.

Dia mengatakan, partainya kini hanya memiliki satu kursi di DPRD Jawa Barat. Artinya PSI tidak bisa mengusung calon Gubernur di Pilgub. Namun, dia memastikan siap mendukung kadernya jika ada partai lain yang meminta.

"Kalau nawarin calon internal belum. Tapi kalau ada (yang minta Giring) bagus banget, kita dukung aja. Dengan catatan ada keinginan dari partai lain, kita kan kursi (DPRD) cuma satu kalau ada mau dengan senang hati," ujar Marshall saat dikonfirmasi, Senin (22/4/2024).

Senada dengan PSI, NasDem Jawa Barat juga hanya akan mengusung sosok bakal calon wakil gubernur. Adapun nama yang akan diusung ini yaitu Muhammad Farhan. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW Nasdem Jawa Barat, Ade Sudrajat.

"Farhan bukan untuk wakil Kota Bandung, beliau di Pilgub Jabar. Kalau kader paling potensial didorong di Pilwakot Bandung yaitu ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nasdem Kota Bandung, (Rendiana Awangga)," ujar Ade beberapa hari kemarin.

Baca Juga: Dua Eks Wali Kota Berebut Rekomendasi PDIP Jelang Pilkada Bekasi

Baca Juga: Namanya Muncul di Bursa Pilgub Jabar, Idris: Siapa Lamar, Bayar Saya

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya