Masuk Musim Hujan, BNPB Kabupaten Bandung Imbau Warga Waspada Banjir 

Meskipun BNPB belum mengeluarkan status siaga bencana

Bandung, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Kabupaten Bandung mengimbau masyarakat untuk waspada bencana seperti banjir di musim hujan, tahun ini.

Meskipun, BPBD Kabupaten Bandung, belum menetapkan status siaga bencana banjir. Hal tersebut dikarenakan, hingga saat ini belum adanya info pasti tentang intensitas hujan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bandung, Hendra Hidayat mengatakan, status siaga banjir bisa ditetapkan ketika ada rapat koordinasi dengan pemerintah dengan mendasari data BMKG mengenai fenomena-fenomena musim hujan yang terjadi saat ini. 

"Jadi tidak bisa tiba-tiba menetapkan status siaga banjir, meski banjir memang biasa diprediksi, akan tetapi harus ada dasarnya, harus ada dari rapat kordinasi," ujar Hendra saat dihubungi, Minggu (4/11). 

1. Rapat koordinasi diperlukan untuk mitigasi kebencanaan

Masuk Musim Hujan, BNPB Kabupaten Bandung Imbau Warga Waspada Banjir ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Hendra menjelaskan, rapat kordinasi sangat penting sebab, penetapan status siaga banjir memerlukan hitung-hitungan untuk biaya, logistik dan membuat posko pengungsian. Sehingga rapat kordinasi harus dibangun demi mendapatkan keputusan tersebut. 

Dalam menetapkan status siaga bencana perlu ada perhitungan dasar, sehingga semuanya dihitungkan dengan matang-matang. Masyarakat pun bisa langsung merasakan hasilnya. 

"Penetapan siaga banjir harus mendasar dan ada konsekuensi, kemudian juga perlu ada biaya untuk kesiagaan," ungkapnya.

2. Masyarakat Kabupaten Bandung dihimbau tetap siaga

Masuk Musim Hujan, BNPB Kabupaten Bandung Imbau Warga Waspada Banjir physc.org

Hendra menambahkan, meski status maaih belum siaga. Masyarakat Kabupaten Bandung harus tetap waspada ketika hujan dengan intensitas hujan yang lebat. Pasalnya Kabupaten Bandung menjadi tempat langganan banjir ketika musim hujan seperti sekarang ini.

"Masyarakat harus lebih waspada melihat potensi hujan ini, karena wilayah Kabupaten Bandung kalau kemarau kita sangat kekeringan. Namun ketika hujan, satu hari atau dua hari sudah ada banjir," tuturnya.

3. Banjir Kabupaten Bandung dari luapan air Citarum

Masuk Musim Hujan, BNPB Kabupaten Bandung Imbau Warga Waspada Banjir IDN Times/Azzis Zulkhairil

Lebih lanjut, Hendra mengatakan, untuk banjir di wilayah Kabupaten Bandung, beberapa daerah yang sering menjadi langganan banjir adalah, Dayeuh Kolot, Bojong Soang, Baleendah, Sapan, Majalaya, Solokan Jeruk, dan Rancaekek. Daerah tersebut kebanyakan dibanjiri air dari luapan sungai Citarum.

"Air kebanyakan dari debit air sungai Citarum yang meluap, bahkan sekarang Kecamatan Cicalengka juga sudah berpotensi banjir, katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya