Masjid Al Jabbar Diresmikan Besok, Pemprov Jabar Undang Duta Besar

Duta besar Maroko dan Yaman bakal datang

Bandung, IDN Times - Peresmian Masjid Al Jabbar bakal digelar Jumat (30/12/2022), besok. Undangan sejumlah pejabat dalam negeri hingga duta besar yang ada di Indonesia direncanakan datang langsung menyaksikan peresmian masjid milik Pemprov Jabar itu.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama Luar Negeri Pemprov Jabar, Dodit Ardian Pancapana mengatakan, panitia mengundang duta besar negara-negara mayoritas muslim.

"Kita mengundang para duta besar sebagai mitra kerja sama luar negeri Pemprov Jabar. Sejauh ini yang duta besar sudah mengkonfirmasi kehadirannya adalah duta besar Maroko dan Sudan. Yang lain masih terus kita konfirmasi," ucap Dodit, Kamis (29/12/2022).

Dodit menjelaskan, meski tidak datang secara langsung, nantinya ada perwakilan yang diutus oleh para kedutaan luar negeri yang ada di Indonesia.

1. Menteri PMK dan Kemenag akan datang

Masjid Al Jabbar Diresmikan Besok, Pemprov Jabar Undang Duta BesarMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, Pemprov Jabar telah menyebar sekitar 7.000 undangan untuk menghadiri prosesi peresmian Masjid Al Jabbar yang akan dilaksanakan pada Jumat 30 Desember 2022.

"Menteri PMK, Menteri Agama saya undang. Ada 7.000-an undangan tapi mayoritas adalah tokoh. Dari level desa, kecamatan, kabupaten, kota, yang punya umat, kyai, MUI, LSM, ormas, para pemilik saham Jawa Barat semua diundang," kata Emil, sapaan akrabnya saat meninjau Masjid Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (26/12/2022).

2. Presiden Jokowi belum bisa datang

Masjid Al Jabbar Diresmikan Besok, Pemprov Jabar Undang Duta BesarMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil menjelaskan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo tidak bisa hadir dalam peresmian tersebut. Namun, ia dijadwalkan akan mengunjungi Masjid Al Jabbar pada awal tahun depan.

"Tapi saya juga sudah melapor ke Pak Jokowi cuma mungkin di suatu hari awal tahun depan mampir ke sini," jelasnya.

3. Masjid Al Jabbar bisa tampung 50 ribu orang

Masjid Al Jabbar Diresmikan Besok, Pemprov Jabar Undang Duta BesarMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil menuturkan, total komplek Masjid Al Jabbar sendiri ada diatas tanah 25,98 hektare. Di dalamnya ada masjid dan beberapa gedung lain untuk kegiatan umat. Adapun total di dalam masjid bisa menampung 20 ribu orang.

"Kemudian di lantai atas biasanya mayoritas jamaah perempuan, di sana itu mungkin 2.000-3.000 orang. Di luar ada alun-alun kalau luber di dalam itu bisa digunakan shalat sudah dikasih garis saf juga, kapasitanya 20 ribu juga. Total ada 50 ribu jamaah sudah kayak stadion," katanya.

Baca Juga: Tinjau Masjid Al Jabbar, Ridwan Kamil: Kayak Bukan di Indonesia

Baca Juga: Libatkan ASN, Ridwan Kamil Gelar Operasi Semut di Masjid Al Jabbar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya