Mantan Gubernur Jabar Solihin GP Meninggal Dunia, Bey Sampaikan Duka

Bey turut sampaikan bela sungkawa pada keluarga almarhum

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Mantan Gubernur, Letnan Jenderal TNI (Purn) Solihin Gautama Purwanegara alias Solihin GP, Selasa (5/3/2024).

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin turut mendatangi langsung kediaman almarhum di Jalan Cisitu Indah VI No. 1 Dago, Kota Bandung. Bey datang bersama didampingi protokoler dan Pj Sekda Jabar, Taufik BS.

"Innalilahi wa innailaihi rajuin, pertama saya atas nama pribadi dan pemerintah Provinsi Jabar dan seluruh warga Jabar menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya Mang Ihin,"

"Kita doakan semoga almarhum wafat dalam Khusnul khatimah dan diterima amal ibadahnya dan diberikan tempat yang paling mulia di sisi Allah SWT," ujar, Bey pada awak media.

Jenazah mendiang sendiri rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra Bandung pada pukul 13.30 WIB. Bagi warga yang ingin mengampaikan duka juga bisa memberikan penghormatan di Markas Kodam III/Siliwangi Jalan Sumbawa pada pukul 09.30-12.30 WIB.

Sebagai informasi, Almarhum Letnan Jenderal TNI (Purn.) Solihin Gautama Purwanegara lahir 21 Juli 1926. Ia adalah mantan perwira Tentara Nasional Indonesia yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat dari 1970 sampai 1975.

Dia mengawali karier militer ketika masa revolusi sebagai Komandan Tentara Keamanan Rakyat Kabupaten Bogor, kemudian bergabung dengan Divisi Siliwangi. Salah satu kiprahnya yang mencuat, yakni ketika ia mengatasi krisis pangan di Indramayu dengan memasyarakatkan padi yang disebut dengan gogo rancah.

Dia juga dikenal sebagai sesepuh Jawa Barat dan Siliwangi, pejuang lingkungan dan pendiri Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS). Mang Ihin juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persib Bandung.

Baca Juga: Solihin GP Meninggal Dunia, Pj Wali Kota Bandung Sampaikan Duka Mendalam

Baca Juga: [BREAKING] Kabar Duka, Mantan Gubernur Jabar Solihin GP Meninggal Dunia

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya