Mal di Bandung Buka Hari Ini, Oded: Tidak Tertib, Hampura Ditutup Deui

23 mal di Bandung mulai diizinkan beroperasional

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung resmi mengizinkan 23 pusat perbelanjaan modern atau mal untuk beroperasional, Senin(15/6), hari ini. Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap, beroperasionalnya mal di Kota Bandung dapat dipatuhi seluruh masyarakat dan manajemen untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Pokoknya kalau ada yang betul-betul melanggar, tidak mengindahkan protokol kesehatan, hampura ku mang Oded ditutup deui ((mohon maaf, sama mang Oded ditutup lagi)," ujar Oded usai meninjau Mal Kings di Jalan Dewi Sartika, Senin (15/6).

1. Manajemen mal diminta tetap terapkan protokol kesehatan COVID-19

Mal di Bandung Buka Hari Ini, Oded: Tidak Tertib, Hampura Ditutup Deui(Kings Mal Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Oded menuturkan, meskipun Pemkot Bandung telah membuka mal di tengah perpanjang PSBB Proporsional, manajemen mal tetap mematuhi aturan dasar bahwa yang diizinkan beroperasi hanya 30 persen di dalam mal itu sendiri. Sehingga, pengoperasiannya tidak full 100 persen.

"Mal di Kota Bandung sudah dibuka tetap masih dalam posisi 30 persen hari ini sengaja datang ke king memastikan mereka manajemen mal betul memperhatikan aspek protokol kesehatan dan saya melihat mereka melakukan," ungkapnya.

2. Tanggung jawab protokol kesehatan sepenuhnya diberikan oleh manajemen mal

Mal di Bandung Buka Hari Ini, Oded: Tidak Tertib, Hampura Ditutup Deui(Kings Mal Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Ia menambahkan, soal protokol kesehatan harus benar-benar diperhatikan oleh manajemen mal. Menurutnya, hal tersebut menjadi tanggung jawab pengelola mal sepenuhnya dan jangan sampai abai terhadap ketentuan oprasional yang telah diputuskan Pemkot Bandung.

"Saya menyampaikan pada mereka bahwa harus memperhatikan protokol kesehatan, manajemen agar memperhatikan masalah ini karena tanggung jawab ada di masing masing," katanya.

3. Kings mal minta tenant tidak tertib untuk tidak buka terlebih dahulu

Mal di Bandung Buka Hari Ini, Oded: Tidak Tertib, Hampura Ditutup Deui(Kings Mal Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Di tempat yang sama, General Affair Kings Mal, Yoeel Malkhia mengatakan, pada hari pertama jumlah tenant yang di buka ada sebanyak 120 dari 300 tenant. Adapun tenant yang belum buka, karena beberapa protokol kesehatan belum terpenuhi.

"Sekarang tenat juga belum semua, masih bertahap (yang buka) kita berikan waktu pada tenant lebih baik tutup lebih dulu jika memang protokol kesehatannya belum siap," katanya.

4. Manajemen Kings mal bentuk tim gugus tugas COVID-19

Mal di Bandung Buka Hari Ini, Oded: Tidak Tertib, Hampura Ditutup Deui(Kings Mal Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Yoeel menambahkan, aturan pembentukan Gugus Tugas COVID-19 juga sudah dilakukan, fungsi dari gugus tugas sendiri melakukan koordinasi dengan aparat kewilayahan dan memantau terus protokol kesehatan yang dilakukan tenant di Kings mal.

"Kita sebagai pengelola sudah membentuk Tim Gugus Harian, karena memang diwajibkan juga untuk membentuk tim tersebut, kita juga memiliki hampir 30 tim personel dan petugas harian," tuturnya.

"Kita juga koordinasi dengan babinsa dan Polsek, kita lakukan pengecekan setiap hari dengan jadwal tertulis dari mulai operasional jam 11.00 sampai jam 20.00 WIB," kata dia.

Baca Juga: Bandel! Pemkot Bandung Segel Cafe Gedogan Kopi dan Warung Aceh Kemang

Baca Juga: PSBB Berakhir Besok, Ini Saran Akademisi Unpad untuk Pemkot Bandung 

Baca Juga: Pemkot Bandung Harus Cepat Lacak Kontak Pedagang Reaktif COVID-19

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya