Makam Cikutra Longsor, Pemkot Bandung Langsung Evaluasi

Wali Kota Bandung malah baru mengetahui informasi ini

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung segera menggelar rapat evaluasi, setelah adanya peristiwa longsor yang hampir menghanyutkan empat jenazah di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikutra pada Rabu (10/11/2021).

Oded M. Danial, Wali Kota Bandung mengatakan, kondisi ini akan dibahas dengan dinas terkait terutama Kepala UPT Pemakaman Wilayah 3 Dinas Penataan Ruang (Distaru).

"Kita akan sikapi dengan PU (Dinas Pekerjaan Umum), pasti. Saya belum dapat informasi itu (kejadian longsor), nanti PU yang tahu lah," ujar Oded, Kamis (11/11/2021).

1. Makam seharusnya tidak diizinkan berada di dekat sungai

Makam Cikutra Longsor, Pemkot Bandung Langsung EvaluasiDok.IDN Times/Istimewa

Soal banyaknya makam di wilayah dekat dengan lokasi longsor, Oded bilang, hal itu akan tetap dikoordinasikan dan dicarikan jalan keluarnya. Sebab, makam dekat sungai seharusnya tidak diperbolehkan.

"Nanti saya tanyakan. Harusnya gak boleh (makam samping sungai). Nanti evaluasi dan kalau membahayakan harus dipindahkan," ucapnya.

2. Jenazah yang dipindahkan bertambah menjadi delapan orang

Makam Cikutra Longsor, Pemkot Bandung Langsung EvaluasiIDN Times/Azzis Zulkhairil

Dihubungi terpisah, Kepala UPT Pemakaman Wilayah 3 Dinas Penataan Ruang Kota Bandung, Sumpena mengatakan, jenazah dari makam yang terdampak sudah dipindahkan. Adapun saat ini sudah ada delapan dari sebelumnya yang hanya empat jenazah yang dipindahkan.

"Bertambah jadi delapan, yang empat itu di blok E2 terus di blok D itu ada empat. Jadi jumlahnya ada delapan," ujar Sumpena.

3. Peristiwa ini bukan kali pertama terjadi di TPU Cikutra

Makam Cikutra Longsor, Pemkot Bandung Langsung EvaluasiIDN Times/Azzis Zulkhairil

Pemindahan juga dilakukan dengan perhitungan. Ia bilang, makam dipindahkan di lahan yang jauh dari Sungai Cidurian karena berpotensi tergerus longsor seperti peristiwa kemarin.

"Dialihkan ke sekitar Blok D juga. Itu atas dasar persetujuan dari ahli waris juga, dan kami sudah koordinasi," katanya.

Untuk diketahui, longsor yang menimpa tempat pemakaman umum Cikutra bukan yang pertama kali. Beberapa waktu lalu kejadian itu membuat jenazah hanyut ke sungai. Sumpena memastikan titik longsoran kali ini berbeda.

"Ini sekarang di Blok E2, bukan yang dulu. Cuman berdampingan," kata dia.

Baca Juga: Longsor di TMP Cikutra, 4 Jenazah Nyaris Masuk Sungai

Baca Juga: Rampok Bobol ATM di Cikutra Bandung, Uang Rp800 Juta Raib

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya