Longsor Kabupaten Bogor, Satu Orang Tertimbun Belasan Mengungsi

Warga juga ada yang mengalami luka ringan dan berat

Bandung, IDN Times - BPBD Provinsi Jawa Barat belum menemukan satu orang korban dari longsor yang terjadi di Babakan Rawa Haur, Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang dan Kampung Jambu Lebak, Desa Pasir Jambu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Minggu (24/3/2024) malam.

Selain satu orang hilang karena terdampak longsor, peristiwa ini juga menyebabkan dua orang luka berat dan tiga orang luka ringan. Kemudian ada tiga KK atau 12 jiwa mengungsi dan dua KK atau enam jiwa terdampak.

1. BPBD Jawa Barat menduga peristiwa ini terjadi karena hujan lebat

Longsor Kabupaten Bogor, Satu Orang Tertimbun Belasan MengungsiInin Nastain IDN Times Jabar/ ekskavator singkirkan material longsor

Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Muda BPBD Jabar, Hadi Rahmat mengatakan, bencana longsor yang terjadi akibat hujan deras dengan durasi relatif lama dan intensitas tinggi itu juga berdampak terhadap satu unit rumah warga yang rusak berat dan satu unit rumah terancam.

"Akibat hujan deras yang cukup lama sehingga tebing longsor setinggi 25 meter dan lebar 15 meter. Dampak dari kejadian tersebut satu unit rumah warga tertimbun dan terbawa longsor," ucap Hadi di Kota Bandung, Senin (25/3/2024).

2. BPBD Jawa Barat berkoordinasi dengan Pemkab Bogor

Longsor Kabupaten Bogor, Satu Orang Tertimbun Belasan MengungsiJabarprov.go.ig

Menurut Hadi hingga Senin pagi korban yang tertimbun masih dalam pencarian tim SAR gabungan Kecamatan Sukaraja dan korban luka saat ini dirawat di bidan Triany di Kampung Jambu Lebak RT 4/RW 3.

"BPBD Jawa Barat juga berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bogor untuk terus melakukan upaya pencarian korban," katanya.

3. Warga mulai membersihkan material longsor

Longsor Kabupaten Bogor, Satu Orang Tertimbun Belasan Mengungsi(Dok/Istimewa)

Ia menambahkan, selain melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bogor dan aparat setempat, ia juga melakukan assesment, analisa, memberikan edukasi kebencanaan serta evakuasi korban.

"Untuk saat ini banjir berangsur surut dan jalan sudah bisa dilalui kendaraan roda empat. Warga juga mulai membersihkan material longsoran secara gotong royong," kata Hadi.

Baca Juga: Ridwan Kamil Resmi Bubarkan TKD Prabowo-Gibran Jabar

Baca Juga: Juni 2024, Ridwan Kamil Umumkan Maju Pilkada Jakarta atau Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya