Libur Panjang, Penumpang Dua Terminal Bandung Akan di Rapid Test

Rapid test dilakukan guna meminimalisir penyebaran corona

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan melakukan rapid tes bagi wisatawan yang akan datang ke Kota Bandung saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad pada 28 Oktober 2020 sampai 1 November 2020. Rencananya, tes dilakukan di dua terminal yaitu Terminal Cicaheum dan Terminal Leuwipanjang.

Tes ini dilakukan oleh Pemkot Bandung guna meminimalisir kasus virus corona (COVID-19) sekaligus mengantisipasi adanya kluster sektor ekonomi dan pariwisata.

1. Tempat khusus pemeriksaan penumpang akan disediakan

Libur Panjang, Penumpang Dua Terminal Bandung Akan di Rapid TestIDN Times/Debbie Sutrisno

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rita Verita menerangkan, selama libur panjang akhir pekan ini Dinkes Kota Bandung akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk melakukan pemeriksaan protokol kesehatan di Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang.

"Terminal Cicaheum dan Leuwipanjang akan menyiapkan tempat khusus untuk pemeriksaan protokol kesehatan penumpang yang datang ke Bandung," ujarnya saat dihubungi, Selasa (27/10/2020).

2. Penumpang dengan suhu 38 drajat celcius akan diminta rapid test

Libur Panjang, Penumpang Dua Terminal Bandung Akan di Rapid TestThe Conversation

Penumpang yang datang menurut Rita tidak akan menjalani rapid test secara langsung, penumpang akan diperiksa terlebih dahulu dengan mengecek suhu tubuh dan meminta tertib mengenakan masker.

Adapun jika ditemukan penumpang dengan suhu tubuh mencapai 38 derajat celcius maka akan dilakukan rapid tes. "Alat rapid tesnya disiapkan, kami mendropnya ke puskesmas, puskesmas yang melaksanakan itu semua," ungkapnya.

3. Petugas kesehatan sudah disiapkan selama lima hari ke depan

Libur Panjang, Penumpang Dua Terminal Bandung Akan di Rapid TestIlustrasi Tenaga Medis (ANTARA FOTO/REUTERS/Loren Elliott)

Kemudian, Rita menambahkan, untuk masalah tenga kesehatan yang akan berjaga di Terminal Cicaheum dan Terminal Leuwipanjang saat ini tengah disiapkan dengan maksimal. Ia mengatakan, Dishub juga akan turut mendampingi saat pelaksanaannya nanti.

"Tentunya mereka tenaga kesehatan sudah dipersiapkan sepanjang lima hari ke depan sampai dibagi beberapa shift," kata dia.

4. Kota Bandung akan banyak didatangi wisatawan selama lima hari ke depan

Libur Panjang, Penumpang Dua Terminal Bandung Akan di Rapid TestIlustrasi wisatawan yang berkunjung di salah satu pantai di Gunungkidul. IDN Times/Paulus Risang

Seperti diketahui, Kota Bandung selama lima hari ke depan dimulai dari besok Rabu (28/10/2020) sampai Minggu (1/11/2020) akan dibanjiri oleh wisatawan dari berbagai daerah dengan status zona corona berbeda-beda.

Adapun saat ini Kota Bandung masih menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) diperketat. Sedangkan untuk zona virus corona Kota Bandung kini masih berada di zona oranye.

Baca Juga: Libur Panjang, Disbudpar Bandung: Wisatawan Jangan Takut COVID-19!

Baca Juga: AKB Diperketat, Polisi Minta Wisatawan Tak Dulu Kunjungi Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya