Libur Natal 2022 Tidak Penuhi Target Hotel di Jabar

Hanya hotel bintang empat dan lima yang capai target

Bandung, IDN Times - Okupansi hotel saat libur Natal 2022 di Jabar masih belum mencapai target. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat (Jabar) mencatat kunjungan wisatawan saat perayaan umat Kristiani ini masih berkisar di bawah target 60-65 persen.

Ketua PHRI Jabar, Herman Muchtar mengatakan, target okupansi saat Natal sampai tahun baru khususnya untuk kota Bandung berada di angka 80 persen, dan Jabar ditargetkan 60-65 persen. Namun, dalam dua hari ini hotel tidak semuanya mencapai okupansi.

"Jadi ada yang mencapai dan tidak. Terutama yang tercapai itu hotel bintang empat sampai lima, bintang tiga masih belum tercapai, dan bintang melati tidak tercapai," ujar Herman saat dikonfirmasi, Senin (26/12/2022).

1. Berharap tahun baru okupansi hotel bisa capai target

Libur Natal 2022 Tidak Penuhi Target Hotel di Jabarpexels.com/Quark Studio

Dengan capaian yang masih belum maksimal saat libur Natal 2022 ini, Herman berharap banyak wisatawan yang datang ke Jabar dan menginap di hotel seputar tempat wisata pada libur tahun baru 2023. Sehingga, dengan begitu target bisa tercapai.

"Ini mudah-mudahan di tahun baru agak membaik (okupansi hotelnya). Saat ini hotel yang agak bagus itu di Bandung, Bandung Barat, Kota Bogor, dan Cirebon," ungkapnya.

2. Okupansi hotel ada penurunan

Libur Natal 2022 Tidak Penuhi Target Hotel di Jabarjenis bed di kamar hotel (unsplash.com/vojtech bruzek)

Disinggung soal asumsi pendapatan hotel saat libur Natal 2022, Herman mengatakan, seluruh hotel yang ada di Jabar masih belum mendapatkan untung banyak. Hal ini dikarenakan jumlah wisatawan yang menginap di hotel belum sesuai target.

"Yang jelas okupansi ada penurunan, tidak sesuai dengan target, mudah-mudahan di tahun baru nanti akan membaik," katanya.

3. Disparbud sebut wisatawan akan membludak

Libur Natal 2022 Tidak Penuhi Target Hotel di JabarIlustrasi hotel

Sebelumnya, Kepala Disparbud Jabar, Benny Bachtiar memprediksi wisatawan yang datang akan melebihi kapasitas di beberapa objek wisata. Bahkan, bisa lebih besar dibandingkan perayaan Idul Fitri 2022.

"Untuk kapasitasnya nanti dicek dulu, tapi ini (kunjungan wisatawan ke Pangandaran) akan melebihi kapasitas, dan akan lebih besar dari Hari Raya idul Fitri kemarin, dan bisa mencapai 150 persenan dari kapasitas yang ada," ujarnya Benny saat di konfirmasi, Jum'at (16/12/2022).

Benny menjelaskan, secara umum wisatawan akan banyak datang ke objek wisata yang ada di Pangandaran. Namun, wilayah Bogor Raya dan Bandung Raya juga diprediksi akan mengalami peningkatan wisatawan.

"Kami sudah rapat koordinasi berkaitan dengan titik-titik wisatawan yang ada di Bandung Raya, Bogor Raya, terutama dikawasan Lembang, Ciwidey, dan Puncak karena dikhawatirkan akan membeludak sangat luar biasa (kunjungan wisatawan)," ungkapnya.

Baca Juga: Disparbud Jabar Dukung Masjid Al Jabbar Sebagai Wisata Religi Baru

Baca Juga: Disparbud Kenalkan Bandara Kertajati Sebagai Gerbang Wisata Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya